2/1/17

Day 4 Level 1 TANTANGAN 10 HARI BERKOMUNIkASI PRODUKTIF KOMUNIKASI KELUARGAKU

Hari ini, seperti biasa aktivitas saya di rumah setelah selesai urusan domestik, bales pesan dan order di online shop, WAG, adalah membersamai anak-anak bermain. Kebetulan adiknya udah tidur duluan, jadi kami menikmati momen bermain berdua saja. Di usia menjelang 4 tahun, ada banyak sekali pertanyaan ajaib yang bisa dilontarkan seorang anak kecil dan terkadang membutuhkan waktu sebelum bisa menjawab dengan baik dan benar. 

Hari ini, fikriy bertanya untuk yang ke beberapa kali tentang Tuhannya.

"Ummi, Allah itu sudah tua?"

Saya diam dulu, sambil berpikir jawaban yang clear seperti apa yang benar agar Tauhid anak saya terjaga dengan apa yang akan saya sampaikan. Terus saya teringat pernah membaca di sebuah artikel di wa beberapa waktu lalu, bahwa jika ada anak yang bertanya tentang Tuhannya, jawablah dengan sesungguhnya sesuai dengan kadar pemahaman anak.

Kemudian, saya menjawab kurang lebih seperti ini. 

"Fikriy, Allah itu tidak sama dengan mas, ummi, kakek, uci (nenek, red). Allah itu tidak pernah tua."

Kemudian saya tunggu sebentar responnya, jika ia puas dengan jawaban tersebut maka dia tidak akan bertanya lagi. Dan alhamdulillah, fikriy mengangguk sembari melanjutkan permainannya. 

Saya merasa masih banyak yang harus dipelajari agar memilimi ilmu yang cukup untuk mendidik anak-anak dengan Tauhid yang benar. Dan sebenarnya, dari pertanyaan-pertanyaan merekalah saya banyak belajar tentang agama Islam... 

#hari4
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment