2/5/17

Day 7 Level 1 TANTANGAN 10 HARI BERKOMUNIkASI PRODUKTIF KOMUNIKASI KELUARGAKU

Setiap dua pekan, sejak awal Januari hingga bulan April, hari Ahad pagi jam 8 sampai jam 10, saya mengikuti kelas Parenting Islami di Jakarta Selatan. Saya berusaha mengatur waktu dengan memilih kelas yang durasinya tidak begitu lama mengingat putri bungsu saya masih menyusu. Dengan izin suami, alhamdulillah sekitar 2 kelas sudah dilewati dengan baik. Dan kemarin, saya meminta izin pada suami agar untuk kelas hari ini tidak usah mengantarkan dan menunggu bersama anak-anak seperti biasanya.

Yang paling sulit adalah mengkomunikasikan kepada anak pertama saya yang berusia 3th 6 bulan untuk menunggu di rumah bersama ayah dan adiknya. Namun, saya berusaha sounding kepadanya sejak kemarin malam, kalau besok ummi akan pergi belajar dengan ibu guru. Awalnya agak sulit, karena pagi tadi Fikriy terus menerus merengek minta ikut bersama saya. Namun saya jelaskan kalau fikriy tidak bisa ikut karena pertama tidak boleh membawa anak-anak ke dalam ruangan dan kedua tidak ada yang akan menjaga fikriy di tempat saya kuliah pagi. 

Teknik lainnya adalah saya menunjukkan jam di rumah, saya bilang kalau jam menunjukkan pukul 12, ummi insya allah sudah pulang ke rumah saat jam digital menunjukkan angka 12. Setelah saya infokan teknik terakhir ini, fikriy menjadi lebih tenang dan percaya. Terakhir, saya pamit secara baik-baik kepada kedua anak-anak dan mengkonfirmasikan bahwa ummi pergi sebentar ke sekolah untuk belajar dengan ibu guru.

Selesai kuliah, saya pulang dengan membawa buah tangan berupa poster poster tentang adab makan/minum, masuk kamar mandi dan mau tidur. Serta ada baju hadiah untuk anak bungsu saya dari tantenya yang kebetulan dititipkan kepada kakak saya yang juga bersama mengikuti kuliah. Tak lupa saya bawakan sedikit kue dari salah satu muslimah yang berjualan tadi. 

Alhamdulillah ketika pulang, semua anak saya dalam keadaan baik, ceria, sudah mandi dan asyik bermain bersama ayahnya. Lain kali saya cerita juga ya tentang partner terbaik yang selalu siaga mendukung saya menjadi ibu dan istri yang terus belajar :) 

#hari7
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment