2/26/17

WISUDAWATI IIP DEPPOK BERBAGI BERSAMA ANAK YATIM.

WISUDAWATI IIP DEPPOK BERBAGI BERSAMA ANAK YATIM.

Acara Wisuda peserta Matrikulasi Institut Ibu Profesional Depok diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 Februari 2017 yang bertempat di Rumah Makan Bu Tjondro jalan Sersan Aning Depok.
Acara ini dihadiri oleh 29 peserta yang akan diwisuda, 3 orang fasil, 2 orang pengurus, keluarga dari peserta dan juga dihadiri oleh 22 anak yatim dan 7 orang pendamping dari Yayasan Yatim Daarul Ma'wa.

Pada pukul 08.00 panitia sudah menyiapkan segala keperluan pendukung acara, seperti backdrop, sound system, goodie bag untuk peserta dan anak yatim. Tak lupa juga doorprize yang berlimpah dari para donatur acara.
Pukul 09.00 tepat acara dibuka oleh MC yaitu mba Fitriana Hatta yang mengajak saya untuk menyapa para hadirin dengan yel-yel khas IIP.

Check sound... hu ha!
Whats the problem?... no problem!
What's the challenge... cancel, cancel go away!
Ibu Profesional... huuuuu yeesss!

MC telah membuka acara dengan penuh semangat, lalu memberi waktu singkat kepada para wisudawati agar saling berkenalan, mengingat identitas dan alamat temannya masing-masing karena selama ini baru sekali kopdar.

Sekarang tiba giliran saya sebagai ketua panitia untuk memberikan sambutan sekaligus doa pembuka agar acara ini berjalan dengan lancar. Diikuti dengan penampilan tahfidz quran dan puisi dari perwakilan anak yatim Daarul Ma'wa yang dibawa oleh pak Abdul Hafiz.

Adalah Dava, yang membacakan puisi dihadapan para hadirin. Puisi yang dibacakan tentang ayah, sekilas isi puisi yang juga menyentuh hati saya sehingga air mata ini menetes hangat dipipi saya.

Ayah..
aku kangen ayah..
Teringat saat ayah gendong..
Teringat saat ayah ajak aku jalan-jalan..
Teringat saat ayah memelukku..
Ayah..
Jika ayah masih hidup..
Pasti ayah akan bangga karena aku dapat memenuhi harapanmu..
Ayah..
Disini aku selalu menangis mengingatmu..
Aku rindu bermain dengan ayah..
Aku ingin merasakan sekali lagi pelukan ayah..
Tapi itu tak akan mungkin..
Karena kata ibu, ayah tak akan pernah kembali lagi..
Semoga ayah tenang di alam sana.

---

Acara wisuda ini juga didukung oleh pendongeng yang datang dari Cakung, yaitu Kak Sidik. Anak-anak yatim dari Yayasan Yatim Daarul Ma'wa sangat antusias dengan merapatkan duduknya kehadapan Kak Sidik, mereka membaur bersama anak-anak dari keluarga peserta Wisudawati Matrikulasi. Suasana menjadi sangat cair, saat sesi mendongeng dari Kak Sidik berlangsung. Interaksi yang sangat aktif dari cerita "Burung bersayap satu" dari Kak Sidik berikut humor yang dilemparkan ke seluruh yang hadir di acara itu sangat meninggalkan kesan bahagia bagi kami.

15 paket hadiah untuk games atau pertanyaan yang dibuat kak Sidik untuk anak-anak, menambah antusias dan keceriaan mereka.

Setelah sesi mendongeng, sesi wisuda pun berlangsung. Pembagian ID Card kepada seluruh peserta Matrikulasi batch 2 yang sudah lulus sangat dinanti-nanti. Bunda-bunda hebat yang sudah teruji komitmen dan konsistensinya dalam menerapkan ilmu-ilmu yang disampaikan oleh para fasilitator.

Kebahagiaan ini mereka bagikan kepada publik dengan mengunggah foto-foto selfie mereka ke sosmed dengan tagar yang sudah ditentukan dari panitia. Yaitu #institutibuprofesional #iipdepok #wisudamatrikulasiiipbatch2.

Setelah pembagian ID Card, kami juga menyediakan waktu khusus untuk Aliran Rasa yang disampaikan oleh beberapa perwakilan peserta, baik dari ibu yang bekerja diranah domestik maupun ibu bekerja diranah publik.

Ada yang menyampaikannya dengan mata berkaca-kaca karena katanya, "setelah mengikuti kelas Matrikulasi saya lebih sabar menghadapi anak-anak saya". Ada yang bilang, "saya jadi lebih 'terang' dalam menjalankan semua peran saya sebagai istri dan ibu", ada juga yang berkata bahwa "dulu saya minder menjadi seorang ibu rumah tangga tapi setelah mengikuti kelas Matrikulasi IIP, sekarang lebih bangga menjadi ibu profesional."

Setelah sesi Aliran Rasa dari wisudawati, ramah tamah sambil menyantap makan siang pun berlangsung akrab dan terasa sekali kekeluargaannya.

Sambil makan siang, MC pun membagi-bagikan doorprize yang berlimpah, sehingga bukan hanya peserta yang datang paling awal saja yang mendapat hadiah, peserta yang membawa anak dengan jumlah paling banyak, peserta yang maju kedepan untuk mengalirkan rasa, peserta yang menjadi kordi mingguan sewaktu dikelas matrikulasi, bahkan para fasil pun ikut kebagian mendapatkan hadiah yang berkah melimpah dari para donatur. Ada buku parenting, hijab, mukena, gamis, tas, dompet, kalender, mug, kaos kaki, bahkan voucher DP umroh senilai 1 juta.

Setelah itu, sebelum acara ditutup, kami memperkenalkan susunan kepengurusan IIP Depok yang baru yang diamanahkan untuk masa kerja selama 2 tahun kedepan yaitu mulai Januari 2017-Januari 2019.

Diawali dengan sambutan dari Koordinator Kota yaitu mba Farida Ariyani, Online manager yaitu mba Nidia Rosyiana, Financial Manager yaitu mba Diah Soehadi, dan Offline manager yaitu saya sendiri (Zy Fauziah). Lalu kami juga memperkenalkan para kordinator Kelas Minat (KAMI), admin grup, admin sosmed, dan bidang-bidang lainnya di dalam kepengurusan.

Misi kepengengurusan yang dikomadoi oleh mba Farida kali ini tagline nya adalah "Emak Go Online" diharapkan dengan teknologi canggih yang ada sekarang, ibu-ibu bisa memaksimalkan peran dan kemampuannya dengan menggunakan gadget untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai positif bahkan menghasilkan uang. Dengan Do'a dan harapan yang sama-sama kami aminkan, semoga Ibu Profesional Depok kedepannya semakin menebar manfaat bagi kebermanfaatan umat khususnya ibu dan keluarga.

Demikian laporan yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

- Zy Fauziyah -
Ketua Pelaksana

#institutibuprofesional
#iipdepok
#wisudamatrikulasibatch2iipdepok
#berbagidanmelayani
#ODOPfor99days
#ODOPday31

No comments:

Post a Comment