1/28/17

Day 3 Level 1 TANTANGAN 10 HARI BERKOMUNIkASI PRODUKTIF KOMUNIKASI KELUARGAKU

Kali ini saya ingin bercerita tentang *Komunikasi dengan Diri Sendiri* yang berkaitan dengan toilet training anak bungsu saya, Mahira yang berusia 18bulan. Mungkin ibu-ibu yang membaca ini ada yang mengernyitkan kedua alisnya, apa ga salah toilet training di usia sedini ini? Bukankah anak belum fasih benar berbicara, nanti gimana proses mentatur anaknya, ga bakalan repot sendiri?

Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya yang mengungkapkan beragam masalah yang akan muncul ketika toilet training ini berlangsung.

Saya pun awalnya demikian kok, ikut tidak merasa atau kurang percaya dengan kemampuan Mahira dalam proses toilet training ini. Masnya saja baru lulus sekitar usia 2 tahun 3 bulan, itu dengan catatan kosa kata si mas cukup jauh dibandingkan Mahira pada usia yang sama.

Tapi saya menolak untuk menyerah mendengarkan kata hati yang menegasikan niat untuk memulai proses toilet training ini sedikit lebih cepat. Dan tepatnya mungkin saya ngeyel sendiri hihi, biarlah repot sedikit dan lihat sejauh apa saya bisa bersabar dalam proses ini.

Yang saya lakukan untuk mempermudah tugas adalah *terus mengatakan kepada diri sendiri, bahwa Mahira pasti bisa*, dengan konsekuensi menanggung segala kerepotan seperti bolak balik ke toilet umum saat saya terlambat mengajaknya ke kamar mandi. Contohnya hari ini saat kami sekeluarga berbelanja bulanan ke supermarket, dua kali saya kebasahan saat saya nekat untuk "membuang" Pampers (yang hanya saya pakai saat ke luar rumah) Mahira. Walaupun sebenernya kesal sendiri karena selain repot karena basah, saya juga harus ekstra hati - hati agar tidak terkena najis yang menyulitkan saat mau menunaikan ibadah shalat. Tapi saya ingatkan diri pribadi saat sudah ingin mengomel, saya pilih diksi yang positif bukan sebaliknya agar semangat saya tidak pudar.

Mau tau ga hasilnya, Hehe..

Day 1 - day 5 : Mahira ga ngompol di malam hari sama sekali

Day 6 : Mahira hampir ngompol di pagi hari saat saya edisi terlambat membawa ke kamar mandi setelah bangun pagi 

Day 7 : Mahira 2x mengompol di saat kami sedang berbelanja di luar rumah.

Saya merasa ini adalah hasil yang harus disyukuri dan insya allah akan tetap konsisten dalam proses toilet training kali ini



#hari3

#tantangan10 hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment