8/28/14

Training Pants - Product Review


Bismillaah...

Udah lama ngga nulis tentang review produk, nah mumpung Fikriy bobo cepet iseng deh pengen nulis tiga produk training pants alias celana yang dipakai untuk latihan tatur atau toilet training. Sebelumnya, saya menulis review berdasarkan pengalaman sehari-hari ya, mungkin ada yang berbeda dari mommies lainnya. Mudah-mudahan bisa membantu kalau mommies masih bingung mau milih beli merek apa saat ini :)

Sebelum menulis review, saya share sedikit Fikriy 15bulan, mulai sedikit-sedikit diperkenalkan toilet training sejak mulai bisa jalan (sekitar 11bulan). Siang hari saat bukan jam tidur siang, kadang saya nekat pakai TP sama kaos, walaupun dalam hati kecil udah bisa nebak kerepotan bilas dan bersihin bolak-balik ke kamar mandi karena anak seusia itu belum bisa mengekspresikan keinginan BAB/BAK. Cuman ya karena dasarnya penasaran dan ngga sabaran mau pakai TP soalnya udah ngendon di lemari, jadi ya latihan sedikit demi sedikit sampai sekarang. Enaknya sekarang di usia 15bulan, Fikriy sudah mulai bisa menahan pipis dan tidak sesering dulu, walaupun belum bisa geret umminya ke kamar mandi sebelum pipis. Kalau BAB, saya belum  beli potty training seat, soalnya nanggung mau pindahan hehehe. Biasanya udah keduluan Fikriy jongkok ngeden, baru jelas kalau dia lagi pupi. 

Buat mommies, silakan dibaca kembali referensi tentang kapan sebaiknya memulai potty training. Saya pernah baca tips dari Heidy di Whattoexpect, kalau sebaiknya potty training ini tidak boleh atau sebaiknya tidak dilakukan setengah-setengah karena akan cape sendiri (kayanya saya deh ini hehehe). Cuman buat saya, seneng-seneng aja nyobain ngajarin anak bujang hihihi.

Saya mulai dengan review blueberry TP yaaaa.

1. Blueberry

Bahannya terbuat dari cotton, dengan lapisan tersembunyi microterry dan PUL jadiii kalau pipis ngga langsung ngucur testestes di lantai. Sudah pasti TP ini juga ga waterproof yaa, mommies. Jadi kalau mau jalan agak jauh atau malam hari atau tidur siang, takutnya rembes, jadi sebaiknya tidak dipakai dulu ya.

Prewash needed? Soo pasti! Cumaan, tag nya kebuang dan ga inget lagi instructionnya seperti apa. Tapi standarnya prewash dengan air panas, detergen sedikit, jemur kering. Prewash ini dilakukan beberapa kali untuk hasil maksimal. Kalau detergen, saya masih pakai cycle yang juga sekaligus buat cuci clodi. Ngga perlu digosok !!
Dicuci pakai mesin dan jemur di bawah sinar matahari yang terik, biasanya cepet keringnya.

Karet di pinggang dan di kedua pangkal paha-nya elastis dan nyaman banget. Oiya, kalau mau beli diusahakan sama dengan rekomendasi ukuran dari Blueberry yaa (ada di table di bawah, tinggal konversi ke dalam kilogram ya), jadi jatuhnya pas dan enak di anaknya.

Harga.. Mmm, menurut saya termasuk pricey alias kemahalan. Cuman karena brand premium jadi ya pricing position harus di atas. Nah, karena penasaran itu, saya belinya cukup satu. Kecuali nanti dikasi kado wkkwwk. Terakhir beli sekitar 200.000/pcs. Cuman ya itung-itung tahannya bisa lama yaa, kalau ngga kepakai buat anak kedua dst, bisa dikasih ke saudara atau tetangga :)

Motifnya banyak pilihan daaan lucu-lucu ! Cuman, biasanya agak susah nyari di ols. Harus agak sering nanya dan jangan lama-lama mikir dan galau sebelum mutusin beli. Soalnya begitu hati mantap, eh barangnya ngga ada. Gigit jari deh XD

Would I buy more? 
Hmm, kalau dari semua aspek ngga ada yang bikin ngga happy sama TP ini. Cuman dengan harganya, saya bakal mikir-mikir lagi kalaupun mau beli TP baru ;)


Highlights dari website resmi: 

"These training pants are designed to feel like real underwear for those who are potty training. 
With an inner lining made with cotton velour, a hidden layer of super-absorbent microterry and PUL, these training pants will do the job of catching small accidents during the day. 
These trainers are only partially waterproof and not recommended for use overnight or for naps."



SMALL 
MEDIUM 
LARGE 
Waist14" - 20" 
15" - 22" 
16" - 24" 
Thighs
9" - 12" 
10" - 14" 
11" - 16" 
Rise14" 
15.5" 
17"
Weight22-28 lb 
25-35 lb 
32-42 lb 



2. Ecoposh

TP satu ini saya beli karena mereknya sama dengan clodi yang lumayan sering dipakai Fikriy. Mungkin ini satu-satunya merek yang sesuai kata pepatah, love is blind. Alias kalau udah cinta, tutup mata deh, hehe. Produk dari Kanga Care yang juga favorit saya untuk newborn clodi ini, produk yang dibuat dari daur ulang (recycled water bottles, bamboo dan organic cotton), aslinya ngga kebayang botol minum dari kemasan apa yang dimaksud sampai bisa melahirkan clodi hehehe. Cuman, dulu waktu pertama kali beli clodi-nya, jatuh hatii banget dengan bahannya. Saking cintanya, waktu Fikriy belum terlalu lancar jalannya, clodi ecoposh tanpa insert sering saya jadikan TP hehehe.

Nah, prewash ecoposh kan udah terkenal dengan keribetannya. Sama aja untuk TP, janganlupa prewash dulu 5x dengan air panas tanpa detergen yaa.

Untuk ukuran, cek dulu dengan berat badan anak sehingga ukurannya tidak meleset jauh saat dipakai. 
Ini ukurannya, ntar dikonversi ke kilogram yaa.

     Small: 1T/2T (25-35 lbs)

     Medium: 2T/3T (35-45 lbs)

     Large:  3T+ (45+ lbs)


Harga. Yah, setali tiga uang sama brand di atas. Kalau ditanya mau kado apa, ngga papa pas lahiran minta brand ini yaaaa wkwkwkw. 

Warna dan motif khasnya Ecoposh adalah warna alam. Jadi kalau saya, pas beli TP beli yang warnanya beda sama clodi biar warnanya makin lengkap hihihi. Sebenernya kepengen deh liat koleksi TP yang ada disainnya dikiiit aja biar makin lucu :). Siapa tau didengerin hihihi


Highlights dari website :

"Made out of recycled water bottles, bamboo and organic cotton. Trim fitting and easy for toddlers to pull up! The training pants have 2 layers of absorbent bamboo and organic cotton in the core along with a hidden panel of biodegradable TPU, which is waterproof and allows for accidents without a big upset."

  • Before first use trainers should be prepped.
    PREPPING TRAINER: Wash 5X in hot water (no detergent) with a cold rinse, tumble dry medium. 
    This will shrink trainers to appropriate size and "sponge" up fabric for maximum absorbency. 
    (Trainers will be at their fullest absorbency after 10 washes but may begin use after 5 washes.)
  • Use in place of diapers to aid in transitioning from diapers to regular underwear.









3. Imagine

Naah, kalau ini ceritanya unik banget! Jadi saya punya ols langganan dan kesayangan namanya kylaclodi yang lokasinya di Jogja. Mba Maria, ownernya itu baik banget, walaupun belum pernah ketemu muka tapi karena saking seringnya belanja jadi ikrib deh hehe. Suatu hari, ada bbm masuk dan Mba Maria nawarin ada dua brand TP yang mau dia beli dari US. Yang akhirnya saya pilih adalah merek imagine ini, itupun dengan review dikit dari mommies bule sono sebelum akhirnya mutusin beli. Saya titip satu aja, soalnya takut ntar ngga cocok. Dan ternyata keputusan titip satu itu patut disayangkan. Karena saya sukaaaa banget! 

Kenapa suka banget? Karena ada side snap alias kancing samping yang memudahkan banget pas masang dan copotin TP dari anak. Snapnya juga gampang banget dipasang, kancingnya juga lucu disainnya. Ada empat kancing jepret di bagian samping kanan, jadi kalau mau buang kotoran resiko kececer bisa diminimalisir XD.

Bahannya di inner terbuat dari cotton-nya Blueberry kalau dari perabaan tangan saya ya hehe. Ada lapisan PUL nya di bagian yang basah, jadi ngga langsung ngucur kalau pipis. Dari ketiga TP, imagine ini yang paling slim dan trim. Jadi kalau anaknya agak gede, kayanya mending beli ukuran yang agak gede sedikit yaa. 

Prewash. Saya sekali dengan air panas. Trus jemur kering, lupa prewash lagi keburu dipake deh. Alhamdulillah sejauh ini ga ada masalah dengan performa.

Ukurannya ada tiga macam, sesuai dengan berat badan anak. Kalau Fikriy beli yang medium, cuman dengan berat sekarang sekitar 11kg koma sekian, udah agak mepet. Umminya deg-degan kalau udah ngga muat hihihi.

Harganya lebih murah dibanding BB dan Ecoposh. Jadi kalau ditanyain mau beli lagi ngga? Definitely mau, kalau ada rezeki lebih :) dan kalau Mba Maria ke Amrik lagi tepatnya hahaha.

Warna dan disain ada lima warna pilihan, putih, kuning, pink, hijau dan biru. Mudah-mudahan ya ntar ada disain lucu biar makin semangat makein TP.

Highlights dari website:

Imagine Training Pants are made with a layer of soft 100% cotton flannel to help kids feel wet. A layer of thirsty microfiber absorbs small accidents and a hidden layer of waterproof PUL in the wet-zone contains messes. Gentle elastic on waist and legs with cotton jersey make these training pants easy for kids to pull up and down themselves, while the snaps on one side make clean-up easy!

Available in three sizes:
  • Small (21-29lbs)
  • Medium (24-35lbs)
  • Large (31-41lbs)
    *Size/weight suggestions are approximate

Machine wash warm, tumble dry low. No bleach or additives.



    Real size comparison

Mudah-mudahan reviewnya bisa bermanfaat yaaa :)