4/24/17

Kenali Gaya Belajar Anak Tantangan 10 Hari Day 5

Bismillahirrahmanirrahim,

Hari ini ada beberapa aktivitas yang kami lakukan di pagi hari sebelum tidur siang. Pertama membaca buku Aku Bisa Mandi Sendiri dan kedua Menari atau lebih tepatnya goyang dengan lagu yang diputar dari Hafidz Doll.
Nah, inshaallah dibahas satu satu ya, bagaimana reaksi anak-anak ketika kami melakukan aktivitas ini.

1. Membaca Buku Aku Bisa Mandi Sendiri
Alhamdulillah kami memiliki mini library yang diletakkan di ruang tamu dan mudah untuk diakses anak-anak, jadi buku mana saja yang mau diambil, dibacakan atau dimainkan, inshaallah akan mudah dilakukan sendiri. Nah, tadi fikriy mengambil buku Aku Bisa Mandi Sendiri, satu dari 6 rangkaian buku seri belajar sendiri, yang cukup sering diminta fikriy untuk dibacakan. Fikriy belum bisa mandi sendiri, terutama di bagian menyabuni, membersihkan alat kelamin jika sudah BAB, dan menyampoin kepala. Sedangkan sikat gigi, alhamdulillah sudah bisa sendiri walau kadang masih suka minta disikatin oleh ummi.
Tadi kami membaca tiap halaman, dede juga ikut mendengarkan sebelum akhirnya mulai merecoki karena menarik-narik buku yang dipegang Fikriy, dan walhasil Mas ngambek deh hihi.
Pesan-pesan dalam tiap halaman, menurut saya cukup singkat, langsung ke tujuan, dan dibantu dengan ilustrasi yang mendukung, sehingga beberapa kali fikriy menanyakan tentang isi di halaman buku tersebut. Oiya, kami membaca buku sebelum fikriy mandi, dan setelahnya baru deh mandi.

2. Bergoyang dengan Lagu
Salah satu yang menonjol di fikriy adalah kecenderungan nya terhadap audio atau yang berhubungan dengan nada. Mudah-mudahan ini memudahkannya dan semoga Allah mengabulkan doa ummi, agar fikriy dimudahkan menghafalkan ayah-ayat suci Al Qur'an dan hadits.
Hari ini, ditemani Hafidz Doll yang ummi isi dengan beberapa lagu anak-anak, setelah selesai membaca buku bersama, kemudian ummi putarkan beberapa lagu. Reaksi pertama, senyumnya langsung sumringah, mood nya langsung swing ke titik terluar pendulum, dede aja sampai diajak muter hihi. Sekitar 10 menit kurang, fikriy melompat, berputar, bergoyang diiringi lagu tersebut. Senangnya luar biasa, padahal lagunya itu lagi itu lagi hehe.