4/21/17

Kenali Gaya Belajar Anak Tantangan 10 Hari Day 2

Bismillahirrahmanirrahim,

Hari ini aktivitas yang kami lakukan bersama adalah memainkan Sensory play, yang sudah disiapkan sehari sebelumnya oleh Fikriy. Medianya adalah air yang sudah diberi pewarna makanan, kemudian diberikan beberapa animal figurines, yang ceritanya sedang terjebak di laut es beku. Membuatnya sangatlah mudah, dan inshaallah bisa serta aman dilakukan oleh balita. Warnanya saya bebaskan pada Fikriy, dan dia memilih warna es bekunya merah jambu (dalam hati saya ketawanya hihihi).

Setelah ayah berangkat ke kantor, fikriy mengambil Sensory play nya, yang akan merangsang beberapa indera VAKOG (Visual, Auditory, Kinestetik, olfaktory (Indra penciuman) dan gustatory (indra pengecapan). Waktu memainkan ini, fikriy fokus ketika diberikan instruksi bagaimana cara menyelamatkan hewan yang terkurung di es beku, dan menanyakan dulu bagaimana caranya ummi untuk memecahkan es ini. Kemudian saya berikan opsi menggunakan sutil kayu yang relatif aman. Dan selanjutnya mungkin sudah ada insting, es tersebut dipukul hingga pecah. 

Di sisi lain, mainlah Mahira, yang sengaja saya pisahkan agar aman damai sentausa rumah kami hihi. Dia saya berikan beberapa wadah yang diisi dengan pewarna makanan yang berwarna-warni, dan sendok sayur untuk menuang air ke wadah lainnya. Karena tempat bermain sudah dikondisikan aman, tidak khawatir terpeleset, Mahira lebih fokus dan anteng memindahkan isi air berwarna, mencampur beberapa air dalam wadah tersebut, kemudian menuang dengan cara mengangkat wadah tersebut. Mungkin juga dia memperhatikan dari cara ummi memasak, jadi sepintas terlihat lihai hihi. Kemudian, kedua beradik ini bergabung menjadi satu, dan asik bermain berdua, menuang-nuang sisa pecahan es tadi.

Yang terlihat jelas adalah keduanya menyukai praktik messy tadi, hihi. Kayanya semua anak kecil akan suka ya kalau . Fikriy juga sempat memperhatikan detail, ketika sebuah pecahan es yang berukuran cukup besar, perlahan mencair, dan meluncur. Ummi jelaskan bahwa ketika es mencair maka dia akan mencari permukaan yang lebih rendah. 

No comments:

Post a Comment