6/22/17

T10H Level 5 Day 9

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Sepertinya sudah ramai yang mudik ke kampung halaman ya, kemarin sore menjelang berbuka melihat update di televisi jalanan sudah padat. Jadi nostalgia kalau lihat pemudik:) Fii amanillah saudariku yang sedang dalam perjalanan, semoga silaturrahim dengan keluarga membawa banyak keberkahan ya!

Kemarin cuaca mendung-mendung sayu dan matahari tidak terlalu panas, cuacanya tenang sekali, alhamdulillah. Tapi anak-anak tetap bersemangat hihihi. Mahira bangun lebih cepat dari biasanya jadi rencana ummi ke pasar habis subuh jadi agak mundur. Pas ke pasar udah deg-degan takut tidak kebagian ati sapi lagi kaya kemarinnya. Alhamdulillah masih kebagian pas sampe di pasar yang masih kelihatan cukup ramai. Nah mungkin karena itu jadi dede tidur siang lebih pagi kemarin jadi ummi masih bisa membacakan buku. 

Sementara Fikriy bangun lebih siang hampir bersamaan ketika ummi pulang dari pasar. Dan seharian kemarin hampir tidak tidur siang kecuali menjelang Ashar. Jadi ummi membaca buku bersama Fikriy baru bisa malam sebelum tidur. Siangnya ummi mah ngga laku soalnya Fikriy sibuk bermain bersama uci dan kakek  :) Sorenya saat ummi mulai masak untuk berbuka puasa, mereka berdua sibuk mengamati belalang yang ditangkap uci di halaman depan. Sambil jejeritan karena geli, mereka sibuk berusaha memegang belalang.

Di hari ke sembilan proyek literasi keluarga kami, dede dan Fikriy ummi pilihkan buku yang ada di kursi samping kasur. Dede membaca Go Baby, My Day Bedtime dari penerbit Orchard Books.

Buku ini cukup simple dan board book yang disertai dengan kaca di halaman terakhir. Ada beberapa seri selain bed time dengan kisah pendek dalam ilustrasi berwarna. Di buku ini ummi bacakan beberapa kosa kata baru dan cerita singkat menjelang tidur. Kebetulan dede dulu dikasih boneka Teddy Bear seperti boneka di dalam buku ini, jadi lebih nyambung saat kami membaca. 

Kalau Fikriy ummi ambilkan buku yang berjudul Jagalah Allah, Allah Akan Menjagamu karya Muhamad Yasir, Lc dari penerbit Al Kautsar Kids. 
Secara acak ummi pilih Bab Kisah Arab Badui dari dusun yang bercerita tentang seorang Arab Badui yang mendatangi Nabi Muhammad dan meminta beliau berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar menurunkan hujan ketika musim kemarau. Dan ketika diturunkan hujan hingga banjir di parit-parit kota Madinah, si Arab Badui tersebut mendatangi kembali Rasulullah agar meminta hujan dihentikan. Ibrohnya adalah Allah Maha Kuasa menurunkan hujan sesuai dengan kehendakNya dan doa ketika hujan turun. Ummi dulu dapat rekomendasi buku ini dari group sesama penjual buku dan alhamdulillah waktu pameran Islamic Book Fair 2017 dapat rejeki buku ini. Penerbit Al Kautsar Kids ini in shaa Allah recommended kalau ada yang mencari referensi buku-buku anak islami ya.

Ketika dibacakan kisah ini, karena isinya dominan teks dan sangat minim ilustrasi, maka ummi udah siap-siap kalau ditanya Fikriy. Beberapa pertanyaan yang kemarin muncul adalah kenapa hujan turun, bagaimana Allah Subhanahu wa Ta'ala turunkan hujan, bagaimana surga itu (nyambung ketika Fikriy bertanya dimana Arsy tempat Allah berada), dan sebagainya.

Besok in shaa Allah kita masih akan berpuasa satu hari lagi dan mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta'ala terima amal ibadah puasa kita dan perjumpakan kembali dengan bulan Ramadhan tahun depan ya :)

Depok, 23 Juni 2017 

No comments:

Post a Comment