6/13/17

T10H Level 5 Day 3

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Kemarin menjelang tidur siang (lebih tepatnya tidur sore karena baru menjelang ashar anak-anak akhirnya jatuh tertidur), kami menambah beberapa buku untuk proyek pohon literasi keluarga. Oiya, pohonnya belum sempat ummi foto, rantingnya alhamdulillah sudah ada dan sengaja ummi simpan di tempat yang aman dari Mahira soalnya takut bernasib dipatah-patahin dede hihihi. Nah untuk menuliskan daun yang berisi nama buku dan anggota keluarga, belum ummi diskusikan final dengan Fikriy kembali walaupun ide awalnya sudah ada dengan menggunakan benang dan kertas origami berwarna-warni. 

Fikriy
Buku yang diambil dari perpustakaan mini kemarin berjudul Aku dan Duniaku 

karya Kak Eka Wardhana dari Rumah Pensil Publisher. Buku ini sebenarnya buku lama yang ummi beli saat awal memulai usaha jualan buku. Isinya tentang perkenalan mengenai dunia sekitar dari sisi anak-anak. Bab yang dibaca kemarin tentang Hewan Darat dan Aneka Kendaraan. Pada Bab Hewan Darat, ummi jelaskan bahwa dunia hewan tinggal selain ada yang di darat, juga ada di air, udara dan di dua dunia (darat dan air). Sebagian besar hewannya sudah pernah Fikriy lihat langsung di Kebun Binatang Ragunan dan Taman Safari Indonesia. Sisanya yang belum, spontan Fikriy bilang kalau dia belum pernah melihatnya. Nah, pada bab aneka kendaraan, ada beberapa yang belum pernah Fikriy lihat yaitu Kapal Selam dan Helikopter. Kan susah ya mau nunjukin kapal selam hihihi. In sha Allah nanti kalau ada rejeki, ummi bisa mengajak anak-anak untuk melihatnya ya.
Buku selanjutnya yang Fikriy baca adalah Iqro jilid 1 huruf Sin (Sa), namun kemarin sepertinya Fikriy masih belum terlalu fokus dan hanya menamatkan setengah halaman huruf Sa hihi. Tapi ummi sengaja tidak melanjutkan sisa setengah halamannya kembali sambil menunggu inisiatif Fikriy untuk minta belajar Iqro sendiri seperti biasanya.


Mahira
Dede kemarin memilih Princess Noura Yang Gemar Menolong
dari DAR!Mizan dan My First ABCD Boardbook dari DK. Ummi bacakan tentang kisah Putri Noura yang memiliki sifat suka memberikan pertolongan kepada siapapun dan dalam kisah ini pertolongannya diberikan kepada seekor burung yang sakit. Pesan dalam kisah ini mengajarkan agar kita memiliki sifat penyayang kepada siapapun dan semua makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa Ta'ala, karena itu adalah sifat yang diperintahkan dalam agama Islam. Beberapa ekspresi di dalam buku ini Ummi gunakan juga sekaligus untuk mengajarkan Mahira tentang arti sedih, gembira dsb.
Buku My First ABCD adalah buku kedua yang Mahira minta bacakan oleh Ayah selepas pulang dari kantor. Bukunya menggunakan foto asli dan bukan ilustrasi sehingga menarik untuk anak-anak. Ummi ikut senang karena Ayah bisa ikut serta dalam proyek pohon literasi keluarga dan bermain bersama anak-anak. 
Terima kasih banyak, Ayah !

Ummi 
Buku yang Ummi baca kemarin adalah lanjutan Kisah Shahabiyat dan Tafsir Ibnu Katsir Surat Luqman

Pada buku kisah sahabiyat, ummi meneruskan sedikit tentang putri bungsu Nabi Muhammad Sallallaahu alaihi wasallam yaitu Ummu Kultsum dan kisah ibu susu  serta bibi Nabi Muhammad Sallallaahu alaihi wasallam (Shafiyah binti Abdul Muthallib). Membaca kisah-kisah para sahabiyat ini juga sekaligus motivasi untuk diri ummi sendiri agar lebih semangat belajar tentang Islam agar bisa mendidik anak-anak dengan lebih baik lagi. 
Tafsir Surat Luqman yang ummi baca kemarin adalah surat 1 - 32 tentang kisah Luqman Al Hakim, seorang budak dari Ethiophia yang diberikan hikmah oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala yang memberikan pesan kepada anaknya bernama Tsaran agar menyembah dan tidak menyekutukan selain Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Ayah
Kemarin Ayah belum menambah lagi buku bacaan selepas pulang dari kantor. Hari sudah hampir Isya ketika Ayah tiba di rumah dalam keadaan hujan lebat. Tak lama tiba di rumah, makan malam dan bersantai bersama akhirnya kami beristirahat malam lebih cepat dari biasanya. Mudah-mudahan besok Ayah bisa menambah bacaannya ya hihihi


Depok,
13 Juni 2017

No comments:

Post a Comment