6/20/17

T10H Level 5 Day 7

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Kemarin Fikriy dan dede diajak Uci dan Kakek ke lapangan di dekat rumah sambil olah raga dan melihat beberapa hewan peliharaan di kandang. Setelah bangun tidur, belum cuci muka padahal, mereka langsung semangat begitu uci selesai menjahit pesanan jilbab. Masing-masing mengambil alas kaki dan Fikriy entah kenapa malah mengambil peci sebelum pamit keluar. Lucu banget melihat betapa semangatnya mereka :) Sepulangnya dari luar, mandi dan sarapan, mereka langsung bermain lagi. Ummi sambil menunggu tukang sayur langganan yang hingga pukul 11 pagi tidak muncul juga, sementara dede dan Fikriy bermain dengan kakek. Akhirnya setelah cape bermain, barulah dede bisa tidur siang dan Fikriy juga tak lama menyusul ke kamar setelah sibuk bermain di kamar uci.
Kami habiskan waktu dengan lebih banyak bermain aktivitas fisik ke luar rumah, dan setelah bangun tidur siang, mereka diajak lagi ke luar bersama kakek dan setelah bersih selepas mandi, makan sore baru ummi bisa bersiap menyiapkan berbuka puasa untuk keluarga.

Malam harinya, ummi ikut bersama Ayah dan Fikriy ke mesjid di dekat rumah. Alhamdulillah ada uci dan kakek, jadi dede bisa dititipkan sebentar ketika ditinggalkan untuk shalat tarawih. Selesai shalat tarawih, Fikriy kelihatan cape dan mengantuk sambil menyeret langkah kakinya, tapi buat ummi ekspresi kelelahan Fikriy membuat Fikriy terlihat makin comel hihihi. Karena terlihat lelah, ummi pikir bakalan langsung tidur tapi ternyata sesampainya di rumah malah makin segar lagi apalagi setelah bertemu dede. Akhirnya, hanya dede yang berhasil ummi ajak membaca buku sebelum tidur sementara Fikriy masih menghabiskan sisa energinya dengan berlari dan keliling rumah. Salah ummi juga sih, soalnya mereka ikut minum es teler yang sangat manis sebelum tidur. Jadilah mereka seperti diisi bensin penuh :)

Dede semalam mengambil buku yang berjudul The Missing Dinosaur Eggs / Telur-telur Dinasaurus yang Hilang kerya Arleen A dari penerbit BIP Kelompok Gramedia. 

Buku ini dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dan sebenarnya untuk usia di atas 3 tahun. Tapi sambil menambah kosa kata baru untuk dede, ummi ceritakan juga tentang kisah telur-telur dinasaurus yang ternyata dicuri oleh tokoh antagonis dalam kisah ini serta petualangan Trey dan Trop untuk menemukan telur-telur yang hilang tersebut. Dede lebih tertarik dengan telur yang diilustrasikan dengan aneka warna dan motif (seperti dekorasi telur paskah) sementara untuk alur cerita yang sedikit panjang tampaknya dede hanya mengangguk-anggukan kepalanya saja. Hihihi.

Buku kedua yang dibaca adalah Are You My Mother karya P.D. Eastman dari penerbit Random House tentang kisah seekor anak burung yang baru menetas dari telur dan kebingungan karena induknya tidak ada di sarang yang kemudian mencari-cari ibunya sampai akhirnya ketemu. 

Kisahnya cukup singkat tapi dede dan Fikriy suka sekali membaca kisah perjuangan anak burung mencari induknya. Dede bisa mengenali beberapa jenis hewan yang disangka anak burung itu sebagai induknya, seperti anak kucing, ayam, anjing dan sapi. 

Ummi sendiri kemarin sempat membaca dua halaman Tafsir Ibnu Katsir lanjutan Surat Al Ankabuut tapi tidak lama kemudian dede bangun dari tidur siangnya. Jadi kemarin ummi dan ayah masih melanjutkan kembali tadarus Al Quran di penghujung bulan Ramadhan ini. Tetap semangat yaa beribadah di hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan :) !


Depok,
21 Juni 2017

No comments:

Post a Comment