6/19/17

T10H Level 5 Day 6

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Di minggu terakhir Ramadhan tahun ini, rasanya sedih sekali kalau mengingat banyaknya yang belum dikerjakan, masih banyak yang bisa dioptimalkan dalam beribadah tapi tiba-tiba sudah dipertemukan dengan penghujung bulan suci ini :'(. Faghfirlii Ya Rabb, pertemukanlah kami semua kembali dengan RamadhanMu tahun depan nanti dan terimalah amal yang tidak seberapa ini.
Bulan Ramadhan ini alhamdulillah banyak kemudahan yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada kami sekeluarga, misalnya Fikriy yang sudah lebih siap dan bersemangat diajak ke mesjid untuk shalat fardhu berjamaah dan shalat tarawih dengan ayahnya, beberapa kali jika tidak terlalu malam tidurnya, Fikriy akan ikut menemani sahur keluarga, terlaksananya membawa Fikriy ke ifthar jama'i di salah satu rumah kerabat dalam rangka memperkenalkan Fikriy tentang besarnya pahala memberikan buka puasa kepada muslim lainnya yang sedang berpuasa, membaca iqro' yang lebih semangat, dan masih banyak berkah yang dikaruniai Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada kami sekeluarga.
Bulan ini juga kegiatan kuliah ummi di Kelas Bunda Sayang memasuki level 5 dengan tantangan menstimulasi minat baca anak dengan aplikasi yang lebih luas tentang arti konsep "Iqro'" sebagaimana perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sehingga dalam aplikasinya, ummi berusaha mengelaborasi tentang  apa saja yang menarik minat dan rasa ingin tahu (terutama) Fikriy dan dede.
Di hari ke 6 ini, alhamdulillah bisa menulis lagi setelah weekend kemarin kegiatan kami cukup padat dengan ifthar jama'i, Fikriy dan dede membaca beberapa buku yang selain ditemani ummi, juga ditemani uci (nenek) kalau ummi masih sibuk di rumah. Nah pada hari ke 6 ini, ummi ambil beberapa buku saja ya, yang teringat sudah dibaca :).

Fikriy
Seharian kemarin Fikriy luar biasa aktif secara fisik, bangun paginya lebih siang dari hari biasa karena semalamnya baru tidur jam setengah 1 dini hari karena kami ada acara ifthar jama'i di luar. Nah siangnya Fikriy masih lebih banyak bermain mobil-mobilan bersama uci hingga menjelang ashar. Biasanya menjelang atau sesudah adzan Ashar, ummi akan mengajak Fikriy ke kamar tidur dan sekaligus menemaninya membaca namun kemarin tidak tampak sedikitpun tanda kantuk. Hingga akhirnya Fikriy jatuh tertidur ketika shalat tarawih rakaat kedua di mesjid :). Malam menjelang jatuh tertidur barulah ummi bisa menemani Fikriy membaca dan buku yang dipilih adalah Aku dan Duniaku (ADD) karya Kak Eka Wardhana dari penerbit Rumah Pensil Publisher di bab Bangsa-Bangsa Lain.

Ternyata cukup menarik minat Fikriy ketika dijelaskan tentang aneka ragam suku bangsa seperti China, Amerika Selatan, Amerika, Aborigin, Jepang dsb. 

Fikriy : "Kenapa kulitnya berbeda-beda, ummi?"
Ummi : "Iya karena Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan manusia dengan semua perbedaannya, misalnya kulit ummi yang agak kecoklatan, tapi maklung (kakaknya ummi) kulitnya putih"

Ummi jelaskan sedikit tentang kuasa Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagai Maha Pencipta, dan agak challenging ketika Fikriy sampai ke pertanyaan selanjutnya.

Fikriy : "Ummi, gimana mas dulu lahirnya keluar dari perut ummi?"
Ummi : "Allah Subhanahu wa Ta'ala yang keluarkan Fikriy dari perut ummi, Mas. Jadi mas bisa sampai sekarang ini, jadi lebih besar"
Fikriy : "Gimana caranya, ummi, keluarinnya?"
Ummi : "Bisa, Mas. Karena Allah bisa menciptakan dan menjadikan sesuatu. Perut ummi yang tadinya besar karena ada Mas, akhirnya kecil lagi sekarang kan."

Inilah sepenggal cuplikan dialog pertanyaan dan jawaban kalau Fikriy mulai bertanya detail. Dan alhamdulillah ummi punya buku referensi tentang konsep penciptaan manusia dalam Islam, jadi lumayan bisa membantu menjawab hihihi.

Oiya, selain membaca buku ADD, Fikriy kemarin ditemani uci murojaah iqro'nya. Cuman ummi mendengar dari luar kamar uci ketika itu, jadi ngga bisa menulis detail murojaahnya. Hanya saja alhamdulillah karena ada uci, Fikriy juga lebih terpacu ketika diminta uci murojaah sedikit iqro'nya. Doain Fikriy ya bisa lulus alif sampai ya :)


Dede
Dede semalam juga luar biasa aktifnya. Yang paling fenomenal adalah dede nendang piring berisi mie godog yang dipegang ayah hahaha, antara mau ketawa dan kasian melihat ayah yang gemes karena mie-nya tumpah. Dede sebenarnya membaca beberapa buku, menulis atau lebih tepatnya mencoret-coret dengan alat tulis. Aktivitasnya lebih banyak di motorik kasar. Nah menjelang tidur malam dede minta dibacain bab Buah-Buahan di buku ADD yang tergeletak di kasur. 

Di buku ADD ini karena gambarnya adalah ilustrasi jadi beberapa buah-buahan yang pernah dimakan, dede bisa menebak dengan lebih cepat. Hanya karena buku ini juga memberikan penjelasan singkat pada setiap gambar, jadi sekalian ummi jelaskan tentang manfaat buah-buahan ini.


Ummi & Ayah
Di hari-hari terakhir Ramadhan ini, ummi dan ayah berusaha lebih disiplin dan memacu lagi semangat membaca Al-Quran. Mudah-mudahan kita semua sebagai umat muslim diberikan semangat untuk mengejar salah satu pahala dari membaca kalamullah ini ya. Tetap semangat dalam mencari pahala di bulan suci ini !


Depok, 20 Juni 2017

No comments:

Post a Comment