6/21/17

T10H Level 5 Day 8

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Tidak terasa kuliah Bunda Sayang di level 5 kali ini tinggal sebentar lagi, dan di kelas sudah diumumkan libur kuliah hingga bulan depan. Yang akan mudik tahun ini pasti lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan bekal, kebayang serunya soalnya ummi dan keluarga biasanya juga mudik di hari-hari terakhir Ramadhan. Namun tahun ini alhamdulillah orang tua ummi berkenan datang dari Jogjakarta jadi in shaa Allah kami sekeluarga akan berkumpul di kota Jakarta yang mudah-mudahan sepi jalannya :)

Kemarin Fikriy dan dede masih semangat dalam proyek Pohon Literasi keluarga, pagi sampai sore harinya diisi dengan bermain dengan kakek dan uci sementara ummi ke pasar, servis kompor yang udah deg-degan kalau rusak dan ternyata alhamdulillah cuma mampet aja dan bisa hidup lagi setelah disikat hihi. Fikriy bahkan ketiduran di sofa ruang keluarga saking kecapean bermain stasiun kereta api dan mobil bersama kakek sementara dede tidur hingga menjelang azan Ashar.
Nah, kemarin untuk proyek pohon literasi keluarga, ummi membacakan Fikriy dan dede dua buku. Sementara ummi dan ayah tadarus Al-Quran.

Fikriy kemarin masih dalam mood membaca buku AAD (Aku dan Duniaku) karya kak Eka Wardhana dari penerbit Rumah Pensil Publisher

Oiya, kak Eka ini menulis begitu banyak buku anak islami lho, misalnya Rasulullah Tersayang, Muhammad Teladanku dan sebagainya. Kemarin Fikriy memilih Bab Aku dan Pakaianku. Ummi mau cerita sedikit tentang bagian Pakaian ke Mesjid. Alhamdulillah Fikriy sekarang sudah lebih kooperatif ketika diminta berganti pakaian baju koko sebelum berangkat ke mesjid. Sebelumnya jangan ditanya, kadang pakai baju kaos apa aja yang sedang dipakai, walaupun bersih tapi rasanya kurang afdhol kalau tidak menggunakan baju yang bagus. Sunnahnya juga memakai pakaian yang bersih dan wangi bagi laki-laki yang ke mesjid kan ya :). Nah, di bab Aku dan Pakaianku ini, ada gambar kalau laki-laki memakai baju koko dan perempuan menggunakan hijab yang panjang. Ummi jelaskan kalau Rasulullah bilang sebaiknya menggunakan pakaian yang rapi dan bersih ketika akan ke mesjid. Terus ummi masukkan pesan kepada Fikriy kalau Allah Subhanahu wa Ta'ala akan suka melihat Fikriy pakai baju yang bagus setiap diajak kakek dan ayah ke mesjid. Tak lupa dengan pecinya.
Jadi kemarin waktu diajak kakek shalat Zuhur dan Maghrib ke mesjid, tanpa dikomando Fikriy udah minta sendiri baju kokonya. Begitu juga ketika kami berangkat shalat tarawih. Alhamdulillah, semangat terus ya, Mas !

Dede Mahira kemarin seperti biasa dengan energi yang berlebihnya, diajak kakek dan uci keluar melihat aneka hewan peliharaan di dekat rumah. Kemudian bermain apa saja yang ada di rumah sampai kelelahan dan menjelang azan Zuhur akhirnya jatuh tertidur. Dibacakan buku juga sudah tidak kuat hihihi. Akhirnya menjelang tidur malam, ummi bacakan salah satu seri dari buku Halo Balita karya Tim Ilustrator Pelangi Mizan yang berjudul Aku Suka Berterima Kasih. 

Dede in shaa Allah akan berusia dua tahun bulan depan dan ummi teringat pesan ustad dan ustadzah di kelas, bahwa betapa pentingnya mengajarkan anak tentang adab dan akhlak mulia sejak dini. Buku ini menurut ummi menjadi penunjang untuk orang tua dalam mengajarkan anak-anak mengapa penting beradab kepada sesama makhluk Allah Subhanahu wa Ta'ala. Oiya bukunya ini sudah berusia hampir 4 tahun dan dulu diberikan bunda (bibi) -nya Fikriy dan terpakai terus hingga dede sekarang. Bukunya board book jadi alhamdulillah masih awet :)

Ummi dan ayah masih berusaha tadarus dan tadabur Al Quran di penhujung Ramadhan. Doain ya semoga ummi dan ayah istiqomah. 


Depok, 22 Juni 2017

No comments:

Post a Comment