6/14/17

T10H Level 5 Day 4

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Tidak terasa ya kita sudah memasuki hari ke 10 terakhir di bulan Ramadhan, rasanya sedih karena masih banyak ibadah dan amalan lain yang belum bisa dikerjakan dengan maksimal dan Ramadhan akan beranjak pergi dengan pelan dan sepi meninggalkan kita. In Shaa Allah, mari kuatkan semangat dan tekad untuk mengisi sepuluh hari terakhir dengan amalan terbaik kita yaa.
Kemarin anak-anak lebih banyak beraktivitas fisik karena lagi senang-senangnya bermain petak umpet sampai lewat waktu Zuhur ummi masih diajak lari dan ikutan sembunyi hihi. Jadilah kami menghabiskan waktu bermain petak umpet dulu dan kemudian anak-anak makan siang dan akhirnya tidur siang hingga ashar. 
Oiya, Fikriy selain sekarang lagi suka teriak yang kencang (zzz zzz zzz...), juga senang berkekspresi salah satunya meniru gaya ummi membacakan buku. Ternyata lucu juga melihat gaya anak-anak yang membacakan cerita kepada adiknya, kalimat yang dibacakan hampir sama dengan apa yang orang dewasa ucapkan. Jadi deh kemarin Ummi minta tolong Fikriy membacakan halaman pertama buku untuk Mahira.
Sementara itu Fikriy dengan segudang pertanyaannya yang mudah-mudahan Ummi diberikan ilmu serta kesabaran dalam menjawabnya, mengisi hari-hari kami di luar tangisan ketika mereka berdua berebut sesuatu ya, hihi. Kalau sudah menangis salah satunya, baru deh ummi turun tangan memisahkan keduanya.
Mau tau kemarin kami mengambil buku-buku apa saja dari perpustakaan mini di rumah? Yuk, lihat di bawah yaa

Fikriy
Amazing Cars dari penerbit Arcturus Holdings Limited

ini sebenarnya buku lama yang dibeli di BBW pertama sekitar 2 tahun lalu, alhamdulillah masih awet bukunya cuman cut out miniatur mobilnya sudah rusak duluan hihi. Isinya ada 5 jenis model mobil dan fakta-fakta pembuatannya, cerita komik singkat dan foto-foto aneka mobil tersebut. Di bagian mobil balap, Fikriy mengelaborasi sedikit tentang bahayanya mobil jika dipacu dengan kecepatan tinggi. Sambil ummi jelaskan bahwa mobil balap itu adanya di sirkuit balapan jadi tidak di jalan raya. Sambil ummi sisipkan pertanyaan, Fikriy paling suka jenis mobil yang mana di antara semuanya dan coba hitung berapa jumlah ban mobil limousine yang ada di buku. Nah, jumlah ban mobil yang bisa dihitung Fikriy adalah di bagian yang tampak saja, sementara yang di baliknya tidak kelihatan. Jadi sekalian ummi kasih tau kalau jumlah ban mobil itu sama antara kanan dan kiri agar bisa bergerak.

The Ultimate Guide to Animals : ini adalah buku bergambar yang menakjubkan tentang dunia hewan disertai dengan keterangan rinci mengenai kehidupan hewan tersebut dalam bahasa Inggris. Terkadang ummi juga tidak bisa menerjemahkan dengan sempurna karena begitu banyak istilah biologi yang ummi tidak paham hihi, nah jika sudah demikian biasanya kami lebih banyak berdiskusi tentang bagian-bagian yang tampak dari fotonya saja. Buku ini juga kami beli di BBW 2 tahun lalu dan alhamdulillah walau bukan hardbook tapi belum ada yang sobek oleh anak-anak, soalnya ummi jagain bener bukunya hihi. Di buku ini juga ummi sisipkan tentang batapa Allah Subhanahu wa Ta'ala begitu Maha Sempurna dengan seluruh makhluk ciptaanNya.

Chugg The Train dari penerbit Autumn Publishing: 

buku boardbook ini sebenarnya berjumlah 6 judul buku, hanya ada 8 halaman terdiri dari 1 halaman teks dan 1 halaman ilustrasi, dan ukurannya cukup mudah digenggam oleh balita. Buku yang cukup menarik dan cepat selesai karena jumlah halamannya sedikit hihi. Ini termasuk yang sering diminta Fikriy baca karena ilustrasinya yang menarik.

Mahira
Old McDonald Had A Farm oleh penerbit igloobooks

dede kemarin mengambil beberapa buku tapi kemarin buku bersuara (jika ada baterai) ini diambilnya ketika malam kami berdua di rumah sementara Ayah dan Fikriy ke mesjid. Dulunya buku ini mengeluarkan suara tapi karena terlalu sering dipencet akhirnya baterainya habis deh :) dan ummi belum mengganti dengan baterai baru lagi sejak itu. Dede sedang di fase pengenalan berbagai jenis benda, warna dan suara dari peternakan McDonald.

Ummi
Ummi sendiri melanjutkan tafsir Ibnu Katsir surat Luqman kemarin yang masih sisa 2 ayat lagi (Luqman 33 - 34) dan Kisah Sahabiyah yang kemarin tentang Ummu Salamah, Ummu Sulaim dan beberapa shahabiyah lainnya. 

Mashaallah, membaca kisah para shahabiyah yang memeluk agama Islam pada zaman Rasulullah ini berisi penuh tantangan baik secara fisik dan bathin. Kalau membayangkan, rasanya tidak mungkin bisa menyamai sedikitpun amalan para wanita penghuni syurga ini. Tapi dengan membaca kisah-kisah mereka ini pula, menjadi pemacu semangat ummi khususnya untuk terus memperbaiki kualitas diri untuk tidak gampang kendor semangatnya.

Ayah
Bagaimana dengan Ayah? Selain mengikuti kajian di kantor, Ayah juga berkonsentrasi dengan tilawahnya. Jadi pohon literasi keluarga dari Ayah adalah tilawah dan tadabbur terjemahannya yaa :)