6/15/17

T10H Level 5 Day 5

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Alhamdulillah kemarin Kakek dan Uci sampai di Jakarta dari Jogjakarta, yang awalnya dijadualkan jam 1 siang akhirnya sampai di rumah menjelang berbuka puasa karena pesawatnya delayed. Fikriy dan dede yang sudah diberitahukan bahwa kakek dan uci akan datang dari beberapa hari sebelumnya menjadi sangat excited setelah setengah tahun tidak berjumpa. Pagi harinya kami menghabiskan waktu dengan bermain bersama, membereskan kembali kamar untuk Kakek dan Uci (yang sebenarnya sudah dibereskan sebelumnya sama ummi), dan sekitar menjelang Zuhur kedatangan tamu teman ummi dan anak-anaknya yang sebaya dengan Fikriy dan dede yang datang membawakan kue dari Surabaya (enak banget ternyata hihihi, ummi nyobain karena lagi tidak puasa). Tak lama kemudian, anak-anak pun tidur siang hingga setelah adzan Ashar.
Nah, kemarin kami membaca beberapa buku dari perpustakaan dan karena anak-anak kecapean, baru beberapa lembar saja yang dibaca akhirnya mereka pun tertidur :)     


Fikriy
Ini adalah buku seri dari penerbit fivemile karya Trace Moroney The Things I Love About Playtime dan The Things I Love About Grandparents, yang mengajarkan tentang hal-hal yang disukai tentang bermain. 


Kemarin ummi minta tolong Fikriy yang membacakan isi bukunya dan ummi yang mendengarkan. Nah di bagian tentang Playtime, Fikriy bercerita kalau tokoh utamanya bahagia ketika bermain karena memanjat pohon, main play dough itu menyenangkan. Di bagian ini, ummi sisipi pesan sedikit bahwa kalau bermain harus senang dan tidak boleh marah-marah. Sementara di buku tentang Grandparents, Fikriy bertanya tentang kakek dan nenek yang jumlahnya ada 4, yaitu kakek nenek dari sisi ibu dan ayahnya. Ternyata lucu juga ya menjelaskan silsilah keluarga ke balita, cobain deh :)   

Mahira
Dede mengambil buku yang ada di kamar tidur yaitu Princess Noura Gemar Menolong dari penerbit DAR!Mizan tentang kisah Putri Noura yang memiliki sifat penyayang dan gemar menolong kepada siapapun.

Sebenarnya buku ini sudah dibaca oleh dede sebelumnya, nah ummi jadinya cukup kebal kalau diminta membacakan buku yang sama berulang-ulang :)

Ummi
Setelah surat Luqman, ummi masuk ke Tafsir Al Ankabuut (ayat 1 - 27) yang sempat dijelaskan oleh Ust. Herfi mengenai rumah yang seperti rumah laba-laba. Oiya Al Ankabuut artinya laba-laba dalam bahasa Arab. Dalam tafsir ini dijelaskan tentang konsep ujian keimanan yang Allah Subhanahu wa Ta'ala akan timpakan kepada hambaNya. Semakin shalih seseorang itu, maka akan semakin berat pula ujian yang ditimpakan ke atasnya. Faghfirli ya Allah, ampuni kami dan seluruh dosa-dosa kami yang selalu mengeluh ketika mendapatkan ujian yang tidak ada bandingannya dengan ujian orang-orang shalih sebelum kami. 

Ayah
Ayah in shaa Allah masih istiqomah dengan tadarus alhamdulillah, walaupun rasanya ummi sedikit cemburu karena belum bisa menyusul juz-nya ayah.


Depok,
16 Juni 2017 

No comments:

Post a Comment