9/9/17

Aliran Rasa Level 7 Bintang Keluarga

Bismillahirrahmanirrahim...

Alhamdulillah Tantangan 10 Hari kemarin tentang Semua Anak Adalah Bintang Keluarga berhasil diselesaikan setelah level keenam yang tidak sempurna kami kerjakan. Selama 10 hari itu pula banyak pelajaran bagi ummi pribadi tentang keistimewaan setiap anak yang harus terus diasah. Fikriy (4 th) misalnya yang kuat di audio visual ternyata memiliki kemudahan dengan gaya belajar yang sesuai dengan kekuatannya. Murojaah menjadi lebih mudah ketika dibantu dengan perangkat audio dan visual. Namun ketika saya mencoba dengan gaya belajar yang berbeda, terasa ada kendala dalam mencerna hal yang sedang dipelajari. Selain itu, saya dapati pula kalau Fikriy yang memiliki perhatian lebih ke hal-hal yang bersifat mendetail, memiliki perasaan yang lebih sensitif dan cepat tanggap. Pernah suatu hari, melihat umminya yang kelelahan dan terduduk di sofa ruang keluarga, dia berinisatif mengambilkan air minum untuk saya. Bagaimana tidak terharu melihat perhatian yang diberikan oleh anak seusia itu.
Begitu juga dengan adiknya Mahira 2 th, yang lebih cenderung ke kinestetik dan audio, lebih sering bergerak dengan lincah dalam melakukan aktivitas yang disukainya. Ia juga memiliki sifat petualang dengan keberanian dan kesukaannya mengeksplorasi berbagai hal baru.

Maka tugas ummi menjadi semakin terbentang luas, terutama dalam mengasah Discovering Ability masing-masing anak agar mereka menjadi ummat muslim yang memiliki hubungan personal, hubungan dengan Sang Pencipta Allah Subhanahu wa Ta'ala, dan mampu menjaga diri seiring dengan zaman yang akan mereka jalani di masa mendatang. Pesan dari Ibu Septi agar minat anak-anak dilatih hingga berusia 14 tahun supaya kita mengetahui mana hal-hal yang benar menarik minat dan mengetahui bakat mereka, menjadi salah satu pesan yang mengena pada diri saya. Seiring dengan perjalanan yang akan kami tempuh, ummi hanya bisa berdoa agar ketika mereka mengenal dan menyukai sesuatu hal yang bermanfaat nanti, mereka akan mengerjakannya dengan penuh niat semata-mata mencari ridho Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Jagakarsa,
September 2017

No comments:

Post a Comment