9/28/17

T10H Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini Level 8 Day 8

Bismillahirrahmanirrahim

Ada kegiatan apa hari ini :

Hari ini Fikriy tiba-tiba minta dibelikan es krim ke minimarket di dekat rumah. Sudah cukup lama dari terakhir kami makan es krim sih kalau diingat-ingat, tapi ummi suka merasa lebih boros kalau bersama anak-anak ke minimarket. Soalnya pasti membeli barang atau jajanan yang sebelumnya tidak direncanakan apalagi kalau ada promo hihi. Mungkin juga karena cuaca yang cukup panas beberapa hari terakhir sehingga ketika melihat tayangan komersial es krim maka Fikriy pun jadi tergugah untuk memakannya.

Ummi beralasan kalau uang tabungan Fikriy tidak dipakai untuk jajan tapi untuk keperluan yang disepakati dari awal, dan sedikit disisihkan untuk infaq shadaqah. Kemudian ummi menawarkan kalau nanti ayah bersedia, bisa titip sama ayah ketika pulang dari kantor. Padahal ummi berpikir mungkin anak-anak keburu tidur karena beberapa hari belakangan ayah pulang cukup larut dengan banyaknya pekerjaan di kantor.

Ternyata janji yang diucapkan oleh orang dewasa begitu kokohnya membekas dalam jiwa seorang anak kecil.  Baik Fikriy maupun Mahira, keduanya sama-sama gigih menunggu kepulangan ayah dari kantor demi mendapatkan es krim meskipun jam menunjukkan pukul 21.30 WIB lebih. Alhamdulillah, Fikriy bisa diajak untuk bersabar menahan keinginan untuk membeli es krim sepanjang hari dan sebagai hadiahnya mereka berdua asik makan es krim di malam hari.
Tak lupa kami menutup malam ini dengan menyisihkan uang untuk dimasukkan ke dalam tabungan...

No comments:

Post a Comment