9/26/17

T10H Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini Day 7

Bismillahirrahmanirrahim

Ada kegiatan apa hari ini :

Hari ini ketika menonton ummi sedang menonton berita di televisi yang menayangkan tentang kehidupan masyarakat miskin, pelan-pelan ummi sisipkan tentang betapa kami harus lebih banyak bersyukur dengan keadaan sekarang, memiliki sandang, pangan dan papan yang sangat layak jika dibandingkan dengan kehidupan orang-orang yang kurang beruntung.
Kemudian Fikriy bertanya orang miskin itu seperti apa? Maka ummi jelaskan bahwa orang miskin itu adalah orang-orang yang memiliki kekurangan dan keterbatasan dalam hidupnya sehari-hari, misalnya untuk makan tidak seperti kita yang bisa makan apa saja yang diinginkan, atau bepergian kemana saja yang diinginkan. Mereka harus mendapatkan perhatian dan uluran tangan orang-orang yang diberikan karunia rejeki oleh Allah ta'ala.

Lantas Fikriy bertanya mengapa orang tersebut miskin? Makin susah aja ya pertanyaan yang harus ummi jawab hehe, namun sebisa mungkin ummi berikan jawaban pada saat itu agar terjadi dialog-dialog ketauhidan sejak dini.
Rejeki adalah salah satu yang sudah ditetapkan oleh Allah ta'ala ketika masih berada di dalam rahim seorang ibu, dan dengan rejeki itu pula Allah memberikan ujian apakah seseorang itu akan semakin bersyukur atau bertambah ingkar. Jadi ummi jelaskan juga kalau kita harus lebih banyak bersyukur karena Fikriy memiliki ayah, ummi yang menyayangi dan melindunginya setiap saat.

Kemudian ummi bertanya, bagaimana kalau tabungan Fikriy nanti diberikan kepada orang miskin? Jawabannya membuat ummi tersenyum dalam hati karena begitu polosnya dia menjawab, sedikit nanti dibelikan mainan dan sisanya untuk menolong orang miskin ya, ummi.
Ah, betapa sebenar-benarnya masih banyak tugas yang harus ummi selesaikan, ilmu yang sedikit ini harus ummi transfer kepada engkau, anakku. Agar nanti hidup dengan penuh manfaat dari rejeki yang diberikan Allah ta'ala.

Akhirnya kami menutup dialog malam tersebut dengan menabung sambil diniatkan untuk menyisipkan sebagian kepada orang yang membutuhkan...

No comments:

Post a Comment