8/12/17

Aliran Rasa Level 6

Bismillahirrahmanirrahim,

Sebenarnya ummi ragu waktu mau nulis aliran Rasa Level 6 kali ini soalnya ini game level pertama yang tidak bisa diselesaikan dengan sempurna huhuhu, keteteran dengan waktu mudik yang memang kepanjangan karena pilihan kami sendiri hihi. Tapi inshaallah dengan niat tulus, ummi ingin sharing sedikit tentang Menstimulasi Matematika Logis pada anak di level kemarin.

Yang ummi posting dan setor kemarin kalau tidak salah sampai Day 4, tapi pelaksanaannya selesai sampai Day 8. Nah di antara hari-hari menstimulasi matematika logis dengan fikriy, mungkin karena sudah di usia 4th dan alhamdulillah berhitung sederhana sudah bisa, ummi stimulasi dengan hal-hal yang sangat sederhana dan ada di sekitar ketika kami sedang melakukan apa dan dimana saja. Pernah waktu kami dalam perjalanan ke Cicalengka, kebetulan diajak makan di daerah Nagrek. Setelah hampir selesai makan, fikriy dan sepupunya asik menghitung jumlah mobil yang masuk ke lahan parkir dari lantai dua restoran tempat kami singgah tersebut.
Untuk mengklasifikasi, kadang ummi ajak fikriy belajar mensortir jumlah kendaraan besar dan kendaraan kecil yang jumlahnya banyaaaak banget dari koleksi mobil-mobilan di rumah. Waktu di Jogja, saat membantu uci dan kakek menjemur pakaian, ternyata ada banyak warna jepit jemuran, dan dengan santai ummi ajak belajar konsep tambah dan kurang. Alhamdulillah responnya selalu positif karena diajak bermain dalam keadaan santai dan menyenangkan.

Level kali ini terasa sangat menyenangkan karena butuh usaha sedikit saja untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak. Nah untuk konsep menjumlahkan, mengurangi, masih perlu diulang kembali agar pemahaman fikriy lebih mantap lagi. Kemarin saat mudik, dengan segala keterbatasan kami bermain dengan kondisi yang ada. Oiya, fikriy juga sedang senang menghitung jumlah orang atau penumpang setiap bepergian. Misalnya kami akan bepergian kemana, nanti fikriy akan bertanya, siapa saja yang ikut dan kemudian dia akan menjumlahkan total peserta yang akan berangkat, hihihi. Lucu banget melihat anak-anak belajar matematika yaa.

Mudah-mudahan di level selanjutnya, kami sekeluarga bisa lebih baik lagi dalam menjalankan program keluarga. Doain yaaa :)

No comments:

Post a Comment