8/22/17

T10H Level 7 Bintang Keluarga Day 3

Bismillaahirrahmaanirrahiim..


  • Hari ini ada kegiatan apa
Sebelum tidur malam, biasanya anak-anak ummi tawarkan untuk memilih buku yang akan dibacakan dari beberapa buku yang ditinggalkan di kamar atau mengambil sendiri ke rak buku. Kebetulan Fikriy mengambil buku yang berjudul Aku dan Duniaku dari penerbit Rumah Pensil Publisher, buku ini sudah lama banget dibeli dan ketika datang di rumah, sebenarnya ummi merasa mungkin kalau anak-anak sudah bisa membaca sendiri akan lebih menikmati buku ini, karena selain ilustrasi yang lebih sedikit dari buku bergambar lainnya, teksnya juga tidak terlalu berat. Namun seringkali Fikriy minta untuk dibacakan per kategori yang dia sedang minati.

Sementara adiknya yang kecil, setelah bosan dengan flash cardnya, juga ikut kepo dengan buku yang dipegang mas nya hihi. Akhirnya entah bagaimana awalnya, Fikriy mengambil peran menjadi guru yang mengajarkan jenis-jenis sayuran dan buah-buahan kepada adiknya. Sementara saya sibuk mengamati gaya mengajar sang kakak.
  • Apa yang diamati
    • cara mengajar fikriy : mungkin benar sekali perkataan bijak yang menyebutkan anak-anak tidak akan pernah gagal meng-copy paste orang tuanya. Karena ini saya amati ketika fikriy mengajarkan adiknya, gayanya meniru gaya umminya mengajarkan fikriy, lengkap dengan intonasi suara dan mimik wajah yang dibuatnya. Saya tersenyum sendiri sepanjang mendengarkan fikriy menjadi guru dadakan untuk adiknya.
    • respon fikriy ketika ragu akan gambar yang ada di buku : ada satu kejadian ketika fikriy ditanya adik, apa nama jenis buah yang ada di buku. Kemudian adiknya menjawab buah mangga, namun fikriy terlihat ragu apakah jawaban adiknya benar atau salah. Cara merespon fikriy menurut saya cukup baik, karena dia tidak langsung menjawab benar atau salah, tapi dia menanyakan dulu kepada saya, apakah benar itu buah mangga. Dan ketika saya menjawab benar, ia dengan lapang dada menjawab benar kepada adiknya.
    • kesabaran menghadapi adik : fikriy terbilang cukup sabar dalam meladeni respon adiknya yang bertanya berulang-ulang, dan terkadang ngotot mengatakan jenis sayur dan buah yang benar menurut versi adik. 
  • Alat tempur
    • 1 buah buku Aku dan Duniaku

Day 3 yang sangat menarik setelah saya renungkan. Banyak ya hal-hal detail yang perlu orang tua perhatikan untuk mengasah dan menemukan bintang keluarga!


No comments:

Post a Comment