8/25/17

T10H Level 7 Bintang Keluarga Day 5

Bismillahirrahmanirrahim..

Hari ini ada kegiatan apa :
✅Kegiatan murajaah Al Fatihah dan Al Ikhlas
✅Menghapal mulai ayat 1 surat An Naas.

Apa yang diamati :
📄 Khusus untuk Al Fatihah, alhamdulillahilladzi bini'matitatimushalihat, tidak pernah secara khusus saya ajarkan kepada Fikriy, namun yang saya perhatikan sejak bulan puasa lalu kebetulan ayahnya bisa pulang lebih cepat dari kantor jadi shalat Maghrib dan Isya bisa ikut ke mesjid bersama. Dengan gaya belajar fikriy yang cenderung audio dan visual, saya berpikir mungkin karena bacaan imam yang dijaharkan sehingga secara tidak langsung, mengajarkan anak saya surat al Fatihah sehingga tugas saya menjadi lebih ringan dalam murojaah. Masih suka kebalik dan terkadang melompat beberapa ayat, namun inshaallah semakin baik.

📄 Sementara surat Al Ikhlas saya mulai dengan menggunakan video USB al kauny setelah lebaran lalu. Untuk video nya, durasinya yang pendek cukup membantu rentang fokus dan konsentrasi fikriy. Jika tidak ketiduran, inshaallah setiap kesempatan ada, misalnya mau tidur malam, tidur siang, saya minta fikriy untuk murojaah bersama artinya yang saya jelaskan dengan metode isyarat di video.

📄 Terkadang, jika dalam 1 hari saya memintanya murojaah terlalu banyak, respon fikriy adalah menggumam "murojaah terus ummi..", hihihi. Jika sudah demikian, maka buru-buru saya hentikan agar tidak overload.

📄 Murojaah saya lakukan terkadang ketika sambil fikriy santai dan bermain, karena untuk memintanya duduk diam dan fokus 4 menit sesuai dengan usianya sekarang, masih sedikit sulit. Terlebih jika sudah ada tim hore alias adiknya yang ikutan heboh 😁

Peralatan :
✔ untuk murojaah tidak ada alat khusus
✔ untuk hafalan surat baru, menggunakan video USB al kauny

No comments:

Post a Comment