7/25/17

Tantangan 10 Hari Level 6 Day 4

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Siapa yang di rumah masih menggunakan jepitan untuk menjemur cucian yang siap dijemur? Bentuknya bermacam-macam, mulai dari yang sangat sederhana dan warnanya pun sangat bervariasi. Kalau yang standar biasanya bentuknya seperti segitiga yang ditekan kedua ujungnya, biasanya anak-anak akan sangat suka bereksplorasi dengan benda ini. Kebetulan di sini uci memiliki cukup banyak penjepit jemuran baju, dan tadi kami bermain-main membentuk pesawat dan benda imajinatif lainnya serta belajar sedikit tentang konsep penjumlahan serta pengurangan. Bagaimana caranya?

Ummi mengambil beberapa jemuran baju yang beraneka warna untuk memudahkan belajar matematika logis dengan Fikriy. 
Pertama yang ummi lakukan adalah meminta Fikriy menghitung jumlah masing-masing jepitan sesuai dengan warnanya. Ada 3 warna yaitu hijau, pink dan biru. 
Kedua setelah selesai menghitung dengan benar semua warna jepitan, kemudian ummi meminta fikriy untuk menjawab pertanyaan ummi. 
  • "Jika warna hijaunya ummi ambil (xxxxx sekian), berarti sisanya tinggal berapa, Mas?", tanya ummi.
  • Fikriy kemudian berhitung jumlah jepit yang berkurang setelah diambil dan menyebutkan jawabannya dengan benar.
  • Kemudian ummi coba dengan warna lainnya pink dan hijau, dengan stimulasi mengambil beberapa kemudian menambahkan ke warna yang berbeda.
Jika melihat respon yang diberikan Fikriy, maka pemahamannya tentang penjumlahan dan pengurangan adalah dengan menyebutkan jepit jenis warna X ditambah jepit warna Y dan warna Z, maka jumlahnya sama dengan sekian. Penjumlahan bisa diidentifikasikan dengan warna yang berbeda, sama halnya juga dengan pengurangan. Dengan sedikit berlatih santai, alhamdulillah Fikriy tampak bisa menangkap maksud dan perintah yang ummi berikan.

Jogjakarta,
26 Juli 2017

No comments:

Post a Comment