7/22/17

Tantangan 10 Hari Level 6 Day 2

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Alhamdulillah di hari kedua T10H I Love Math ini kami mencari sumber di sekitar rumah kakek yang masih asri sehingga tersedia banyak hal untuk menstimulasi matematika logis kepada anak-anak. Nah, kemarin Fikriy bangun pagi-pagi sesaat setelah ummi dan ayah selesai sahur. Mungkin karena di kaliurang cuacanya cukup dingin dan selimutnya ketarik ke bawah, jadi Fikriy terbangun hihi. Setelah shalat Subuh berjamah, kami menunggu beberapa saat hingga terang dan sekaligus olah raga pagi, ummi ajak Fikriy mengambil sandal dan berjalan-jalan pagi ke luar.
Ada beberapa hal menarik yang kami dapatkan dari olah raga pagi tadi, berikut rangkumannya :

  1. Jumlah buah pepaya di atas pohon : sewaktu berjalan ke sekitar rumah tetangga yang berada di luar kompleks, lingkungan asri dengan pekarangan yang luas langsung terasa. Begitu juga dengan aneka tanaman yang ada di pekarangan tersebut, salah satunya pohon pepaya yang tinggi menjulang ke atas dan sedang berbuah. Ummi mengajak Fikriy menghitung jumlah buah pepaya yang tergantung di atas, dan sebenarnya cukup sulit untuk dihitung karena pandangan yang terbatas. Tapi pelan-pelan dihitung bersama dan jumlahnya ada 8. Kalau di foto ini, terlihat tidak sampai 8 ya :)
  2. Jumlah ayam yang ada di sekitar kandang : yang juga cukup seru adalah begitu banyak ayam kampung peliharaan tetangga yang berkeliaran dan mengeluarkan suara kukuruyuk. Kalau ummi melihat ayam kampung yang gede, jadi keinget masak hihi. Nah, tadi sewaktu berjalan-jalan, ummi minta tolong Fikriy menghitung ada berapa jumlah ayam yang berada di sekitar kandang. 
    • "Ada 6", kata Fikriy, beberapa sedang berlari dan sebagian ada di dekat kami. Perhitungannya alhamdulillah benar. 
  3. Jumlah monyet yang dipelihara di rumah tetangga : ketika kami berjalan cukup jauh dan hampir berputar balik untuk pulang ke rumah, pandangan kami terhenti pada sebuah hewan yang sedang duduk santai di sebuah ranting yang cukup besar. Ya, ternyata ada monyet peliharaan tetangga yang sepintas terlihat ramah karena tidak tampak tertanggu dengan kehadiran kami. 
      • "Jumlahnya ada berapa, Mas?", tanya ummi. 
      • "Satu", jawab Fikriy.
Akhirnya kami selesai berolah raga pagi secara singkat hari ini, dan kembali pulang ke rumah kakek dan bersiap-siap mencari sarapan untuk anak-anak di jajanan pasar dekat rumah. In shaa allah besok rencananya ummi ingin mengajarkan konsep menjumlahkan pelan-pelan untuk Fikriy.

Selamat berakhir pekan ya dan Selamat Hari Anak Nasional!

Jogjakarta,
23 Juli 2017

No comments:

Post a Comment