4/27/14

Serunya belanja di dunia maya

Punya waktu luang, akses internet dan e-banking namun malas keluar rumah untuk belanja? Jangan khawatir, sekarang ada online shopping yang bisa membantu Anda berbelanja kapan saja dimana saja. Tinggal klak-klik layar komputer atau bahkan smart phone, order barang belanja Anda akan sampai di depan pintu rumah dalam hitungan hari. Solusi untuk belanja di tengah kemacetan kota besar apalagi seperti di Jakarta? Hmm, bisa jadi. Tapi kalau tidak kuat iman, hati-hati. Tagihan kartu kredit Anda jadi taruhannya. Apalagi godaan diskon dan selalu munculnya variasi produk baru, mereka seperti memanggil jari Anda untuk transaksi belanja di dunia maya. Selamat datang di era digital, dimana belanja pun tak luput dari imbasnya!

Beberapa tahun ke belakang, berbelanja dengan transaksi online mungkin masih terasa beresiko oleh pembeli. Jangan-jangan nanti ditipu, dan belum lagi dengan maraknya kasus phishing di Internet yaitu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit,mungkin hanya segelintir orang yang bertransaksi online. Namun, kini dengan banyaknya situs berbelanja online, semakin banyaknya pengguna kartu kredit di Indonesia (14 juta pemegang kartu kredit menurut data BI di bulan Januari 2013), belanja apa saja dari yang remeh temeh hingga transaksi  bernilai jutaan rupiah sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Ada beberapa alasan mengapa belanja online kian marak. 


Praktis
Anytime anywhere, Anda tidak perlu repot-repot berdandan untuk keluar rumah hanya untuk belanja. Bahkan dengan baju tidur di atas kasur pun, memesan barang yang Anda perlukan menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Tidak perlu repot memikirkan macet di jalan, ongkos parkir, bahan bakar atau toll. Tidak perlu antri bahkan jika Anda tinggal di kota kecilpun, dengan jasa paket kiriman maka barang yang Anda pesanpun akan datang. Siapa yang tidak suka dengan kemudahan ini!


Produk yang tidak pasaran alias unik
Mau belanja untuk Anda pribadi, atau untuk keluarga, teman, saudara tentunya barang tersebut haruslah unik dan tidak pasaran. Nah, situs-situs belanja online memiliki keunggulan ini, produk-produk yang dijual rata-rata bukan produk yang dijual secara massal di toko. Kadang bahkan bisa customized sesuai dengan keinginan Anda. Variasinya pun banyak, mungkin sampai pusing untuk memutuskan mau membeli yang mana.


Best deal
Hal lain yang mengagumkan tentang online shopping adalah banyaknya pilihan harga hingga Anda memutuskan best price untuk barang yang diinginkan. Mau menawar, tinggal kontak penjual yang rata-rata menggunakan semua alternatif media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Line, BBM, iMessage dsb. Tawar-menawar sedikit, dan jika beruntung maka Anda akan mendapatkan harga terbaik untuk semua pesanan.

Ohya, jika Anda pemula dalam dunia belanja online ini, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa sedikit membantu.

- Pastikan Anda memiliki fasilitas untuk bertransaksi online, seperti kartu kredit, ATM (biasanya limit waktu membayar dibatasi dalam durasi beberapa jam sehingga Anda harus mentransfer jika serius membeli), e-banking beserta token
- Selalu cek situs belanja online yang Anda tuju, lakukan riset sedikit mengenai pelayanan mereka. Biasanya shopper di dunia maya selalu berbagi review mengenai kepuasan berbelanja di situs berbelanja tersebut. Jika banyak komentar negatif, sebaiknya jangan berbelanja di situs tersebut.
- Mulailah berbelanja dalam nominal kecil sebagai tahap awal, agar jika Anda tidak puas dengan servis mereka, perasaan kecewa tidak sampai membuat kapok untuk berbelanja di hari lain.
- Bacalah review atas produk yang ingin Anda beli, biasanya pembeli sebelum-sebelumnya selalu murah berbagi komentar atas produk serupa yang mereka beli.
- Tahan nafsu belanja Anda. Ini yang mungkin susah karena ada banyak sekali barang yang menarik dan lucu untuk dibeli, namun ingatlah untuk membeli apa yang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan.

Nah, sekarang silakan mencoba berbelanja dengan seru di dunia maya. Awas ketagihan!

Situs-situs belanja online:
www.lazada.co.id untuk kebutuhan peralatan rumah tangga, elektronik, mainan & bayi, elektronik, dsb
www.blibli.com untuk kebutuhan elektronik, handphone, women and men, kids & baby, hobbies, automotives dan culinary
www.sukamart.com untuk kebutuhan aneka groceries seperti yang dijual di Hypermarket
www.rakuten.co.id untuk kebutuhan aneka groceries seperti yang dijual di Hypermarket, merupakan situs belanja yang juga populer dan berasal dari Jepang
www.babyzania.com untuk aneka kebutuhan bayi
www.zuji.com.sg/  untuk tiket penerbangan pesawat (dan hotel serta servis lainnya) yang sangat kompetitif

No comments:

Post a Comment