4/25/14

Project Tumpeng - Lauk Sambal Goreng Ati

Bismillaah...

Jadi ceritanya di group TUM BC Mei 2014, momskies udah pada heboh nyiapin acara untuk 1 tahun babies nanti. Seruu deh kalau ngikutin ide mommies di group, jadi ikutan rempong sendiri kalau udah ditanyain pendapat baju yang lucu nyari dimana, cake dengan edible lucu hunting kemana, goodie bag kudu diisin apa, dan seterusnya. Rasanya jadi semangat kasih masukan, hehehe. Kalau Fikriy nanti, in shaa Allah ngga ada acara spesial, cuman entah dapat dari ide dari mana saya tiba-tiba semangat untuk bikin #project tumpeng :)

Awal idenya itu muncul pas lagi browsing menu masakan deh kayanya, eh kecantol di laman natural cooking club Indonesia yang dulu pernah saya lihat liputannya di tivi. Foundernya adalah Ibu Fatimah Bahlawan, dan masya Allah orangnya inspiring sekali, serta ngga pelit ilmu dan rezeki. Kayanya berkah hidup atas kemurahannya berbagi ilmu ke sekitar. Nah, pas ngider di tab website NCC ini, ada tab tentang step by step bikin tumpeng !! Mau pingsan saking senengnya nemu ini hehe. Dan jadi booster motivasi untuk buat nanti masak :)

Karena saya masih belajar di dapur, biasanya semua menu yang mau dibuat untuk acara tertentu (cieh, kaya banyak acara aja eke wkwkw) saya cobain dulu sebelum hari H, bukan apa-apa tapi ini dilakukan untuk meminimalisir kegagalan yang mungkin terjadi. Jadi, setelah dilihat-lihat, akhirnya diputuskan deh, menu yang akan di-trial adalah Sambal Goreng Ati. Sukaa banget sama sambal goreng ati, makanan khas lebaran, dan bikin ketagihan :).
Resepnya, saya ikutin yang ada di NCC dan alhamdulillah berhasil, horeeee ! 

Silakan dicoba ya, mommies 

Bahan :

250 gr hati sapi, potong dadu.
250 gr kentang potong dadu, goreng.
50 gr kapri
5 bh cabe merah besar haluskan.
2 bh bawang putih, haluskan
8 bh bawang merah, iris tipis
2 bh cabe merah besar, buang biji, iris halus
1 ruas lengkuas, pukul
2 lbr daun salam
1 btg sereh
1 sdt garam
200 ml santan

Cara Membuat :

  1. Tumis bawang merah iris hingga layu, masukkan cabe halus dan bawang putih halus, tumis terus hingga wangi. Masukkan daun salam, sereh dan lengkuas. Aduk rata.
  2. Masukkan hati sapi, aduk dan masak terus hingga hati berubah warna dan matang. Tuangi santan, biarkan mendidih.
  3. Masukkan kentang dan cabe iris, aduk rata, taurkan kapri, aduk kemudian angkat.

Tips :

Dalam keadaan masak jumlah banyak, hati sapi bisa direbus terlebih dahulu bersama garam, daun salam dan daun jeruk purut.

Kejadian yang lucu waktu bikin ini adalah saya kelupaan goreng kentang, pemirsaaaah.
Dan akhirnya mungutin satu-satu kentang dadu yang udah terlanjur dicampur ke santan, hahaha. That is what I like about cooking! Making mistakes enables you to master, bwahaha :)   





No comments:

Post a Comment