3/9/17

Tantangan 10 Hari Kemandirian One Week One Skill Day #10

Bismillahirrahmanirrahim,

Di beberapa group WA, berseliweran sebuah artikel yang membahas generasi  serba dilayani (home services) yang tanpa disadari ternyata orang tua turut berperan dalam menciptakannya. Bagaimana bisa? Nah, dijelaskan kalau perilaku orang tua yang serba ingin cepat, tidak mau repot, kurang percaya terhadap kemampuan anaknya inilah yang akhirnya membentuk mental home service generation. Setelah membaca artikel ini, saya berkaca pada diri sendiri apakah termasuk yang berkontribusi dalam menciptakan generasi seperti ini?

Sebagai orang tua yang masih fakir ilmu, banyak sekali referensi yang menyatakan tentang perlunya melatih kebiasaan baik sejak dini. Salah satunya adalah Melatih Kemandirian Anak agar bisa makan sendiri. Nah alhamdulillah di level dua kelas Bunda Sayang IIP, kami sedang membahas tentang Melatih Kemandirian Anak. Klop deh :). Peran orang tua diharapkan mendampingi proses tersebut walaupun hasilnya belum maksimal. Ini yang sulit dipraktikkan karena mendampingi proses itu berarti juga ikhlas dan sabar dalam menerima konsekuensi dalam menjalani proses. Paling kentara adalah ceceran makanan dimana-mana, cucian baju kotor yang terus menumpuk dan kekhawatiran apakah anak sudah cukup kenyang atau belum XD.

Mahira di hari yang ke-10 ummi kasih snack sore Coco crunch dan susu uht plain. Begitu bangun sore, pipis di kamar mandi, terus dikupasin apel buat pengganjal hihihi, terus ummi sodorin Coco crunch sedikit. Dan dilahap dengan caranya sendiri, susunya disendokin dan crunch nya diambil satu satu :)
Semangat yaa, Mahira!

No comments:

Post a Comment