3/7/17

Tantangan 10 Hari Kemandirian One Week One Skill Day #8

Bismillahirrahmanirrahim,

Makan mulai dari makanan yang terdekat.Umar Ibnu Abi Salamah radhiyallahu’anhuma berkata, “Saya dulu adalah seorang bocah kecil yang ada dalam bimbingan (asuhan) Rasulullah shallallahualaihi wa sallam. Tangan saya (kalau makan) menjelajah semua bagian nampan. Maka Rasulullah shallallahualaihi wa salam menegur saya, ‘Wahai bocah bacalah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dari yang terdekat denganmu.’ Maka demikian seterusnya cara makan saya setelah itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sumber: https://muslimah.or.id/5532-adab-makan-dan-minum.html

Salah satu upaya kami sebagai orang tua dalam mendidik anak-anak adalah memperhatikan adab makan seperti yang dicontohkan oleh baginda Rasulullah saw sebagai tauladan utama yang patut dicontoh oleh setiap muslim. Melatih kemandirian anak adalah satu hal penting, dan menuntunnya sesuai adab yang dicontohkan Rasulullah adalah hal utama lainnya.
Cuplikan artikel di atas bisa menjadi referensi bagi kita sebagai seorang muslim tentang apa apa saja adab  makan yang dicontohkan Nabi Muhammad.

Memasuki hari ke delapan Mahira, putri ummi masih semangat dan makin terlihat suka dengan aktivitas makan sendiri, soalnya mungkin karena dibiarkan jadi bebas mengacak-acak makanan ya hihi. Apakah masih berantakan? Iya donk, masih berceceran apalagi kalau nasi nya pakai lauk kering, bisa dipastikan bekas nasi yang jatuh jadi lengket. Tapi tidak masalah, nanti ummi pel lagi #semangat.

No comments:

Post a Comment