5/7/14

Opor Ayam

Bismillaah...

Kitab kuning sekarang adalah keluaran Natural Cooking Club Indonesia yang didirikan Ibu Fatimah Bahlawan. Seneng dengan buku 241 Resep Anti Gagal, karena dibagi sesuai dengan kategori misalnya ayam, daging, sayur, lauk-pauk, sampai cake, jadi bisa dipakai sesuai kebutuhan dan all in one book yang colorfull serta dilengkapin sama foto hasil jadinya. Jadi semangat deh nyobain menunya. 

Naah, kemarin kan udah trial bikin soto daging dengan slow cooker. Tadi kepikiran untuk beli ayam segar dan halal hanya di Belmart langganan, dan nyobain menu berbahan ayam yang ada di buku. Pilihan menu pertama adalah opor ayam, siapa tak sukaaa coba ngacung :)

Cerita sedikit behind the making opor ayam, nah seperti biasa kalau lagi berdua di rumah sama Fikriy, andalan saya untuk belanja adalah dengan delivery. Di dapur lagi habis stock kemiri, ngga punya jintan, serai sama jeruk nipis. Nah lho gimana donk mau masak opor ngga lengkap bahannya, mending kalau kurang satu bahan, ini banyak yang ngga punya. Akhirnya, langganan UD. Hasil Bumi di kompleks yang bisa delivery jadi andalan deh, untungnya sebelum jam 2 toko tutup pas ditelpon masih mau nganterin. Hehehe, mungkin mau nolak tapi ngga enak kali sama ibu-ibu punya anak balita ya. Jadi deh tetap dianterin, eh pas dateng ternyata kelupaan sama jeruk nipis dan kemiri ngga ada. Huhuhu, gimana dooonk, mas. Dengan wajah memelas, akhirnya saya bilang walau agak kasian juga ke mamang sayur, bisa ngga beliin di toko kompetitornya, hehehe... Alhamdulillah mau, jadi lengkap deh semua bahan :). Coba kalau sampe malam mamangnya masih jualan, saya kirim juga opor ke toko mereka wkwkwkw.

Prosesnya ngga begitu ribet mommies, karena bumbu dasarnya sama kaya bumbu soto ayam kampung yang pernah saya tulis. Ada tambahan jintan yang seumur-umur saya baru tau bentuknya, hehehe. Jadi kalau mau mencoba, in shaa allah kemungkinan gagalnya kecil mommies :) itung-itung sekalian trial buat menu lebaran yaaa, mommies.
Selamat praktek dan makan opor ayam yaaaa. Saya copy-kan resep dari website Natural Cooking Club Indonesia :)

Bahan:

1 ekor ayam, potong 12 bagian
1 bh jeruk nipis, ambil airnya
1 ltr air
400 ml santan kental instan (saya adanya 200ml, jadi ya seadanya deh)


Bumbu dihaluskan:

2 ruas jahe
2 ruas lengkuas
2 ruas kunyit
1 sdt lada butiran
2 sdm ketumbar, sangrai
½ sdt jintan
3 btr kemiri
10 bh bawang merah
5 bh bawang putih
1 sdt garam

Rempah daun:

2 btg sereh, pukul
2 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk purut.

Cara membuat:

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, sisihkan. Rebus air hingga mendidih, masukkan ayam, biarkan air mendidih lagi dan ayam matang, masukkan semua rempah daun.
  2. Sementara itu, panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kedalam panci berisi ayam rebus, aduk rata.
  3. Tuang santan kental, aduk, didihkan. Cicipi rasa asinnya, bila garam sudah pas, angkat.
  4. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.


No comments:

Post a Comment