3/25/14

Soto Ayam Kampung

Bismillaah...

Ceritanya kan minggu kemarin belanja sayuran dan semua udah disimpan bersih rapi di kulkas. Cuman pas diliat lagi, masih ada tauge yang mulai mengkhawatirkan takut busuk sama daun seledri. Jadi kepikiran mau dibuat apa, kalau buat mpasirumahan Fikriy, takutnya ngga kuat sampai besok pagi. Baru keinget juga, Ayah Eko dari kemarin lusa udah ngeluh body-nya ngga delicious, dan biasanya kalau udah agak ngga enak badan, soto ayam udah yang paling pas deh buat makan malam.
Akhirnya, dengan bekal pernah diajarin mama mertua bikin soto ayam, bismillah aja daah. Modal telpon (again hehehe) ke ibu, untuk mastiin bumbunya masih bener  ngga yang saya inget. Alhamdulillah ngga malu-maluin, masih nempel.
Oiya, kalau belanja ayam segar, frozen foods, saya belinya selalu (kecuali kepepet banget) di Belmart. Dan di BSD ada yang deket kompleks rumah, jadi deh tinggal angkat telpon buat delivery ayam kampung. Beli 2 ekor, yang satu buat soto, satunya lagi buat bikin kaldu Fikriy dan mungkin mau dibuat stock meat in gravy mpasirumahan.

Tiap pulang ke Bandung pasti minta dibuatin. Pengen ngasih surprise juga ke Ayah, ngga bilang-bilang saya masakin soto ayam kampung. Pas ditelpon Ayah nanyain ummi masak apa, terus dijawab ada soto ayam, kayanya seneeng banget deh Ayah. Walaupun belum tau rasanya hehehe. Yang penting kan udah usaha yaa :) Rasa belakangan (sambil pegang sendok kayu wkwkwk)

Nah sekarang ini ya resep soto ayam kampung dari ibu yang jadi favorite Ayah Eko. 

Bahan:
- Ayam kampung dipotong 4 bagian (ntar biar gampang disuwir).
- Sereh keprek
- Daun jeruk buang tulang
- Lengkuas
- Daun salam
- Air 
- Minyak untuk menumis bumbu halus (bisa menggunakan ELOO)

Bumbu halus:
- Kemiri 5 butir yang utuh
- Bawang putih 4 siung
- Bawang merah  8 siung
- Kunyit setelunjuk
- Jahe seibu jari
- Merica putih 1/2 sdt

Pelengkap:
- daun seledri
- jeruk nipis
- cabe rawit untuk sambal
- tauge

Cara memasak:
- Bersihkan ayam
- Panaskan panci untuk memasak ayam, isi dengan air kira-kira separuhnya
- Masukkan bahan ke dalam panci bersama ayam. Masak dengan api kecil agar ayam lunak. Buang busa dari air rebusan. Oiya, kalau saya kulit ayamnya dibuang waktu membersihkan ayam, supaya lebih sehat :)
- Blender bumbu halus (tambahkan air sedikit), kemudian tumis. Menumis harus agak lama sehingga bumbu matang, ciri-cirinya bahan halus menjadi lebih berbulir.
- Masukkan bumbu halus ke dalam panci berisi ayam.
- Siapkan terpisah, daun seledri cincang, cabe rawit untuk sambal soto. 
- Didihkan air, matikan api setelah mendidih dan masukkan tauge sebentar kemudian tiriskan. Jadi tauge tidak terlalu layu.
- Masak ayam dan bumbu halus dengan api kecil, kira-kira 20-30 menit.

Jadi deh dan siap dihidangkan :)
Silakan mencoba yaa.


bahan pelengkap soto dan suwiran ayam

ini dia soto ayam kampung

No comments:

Post a Comment