3/23/14

Pizza Kukus - Mpasirumahan Andalan saat Jalan-jalan (10+)

Bismillaah..

Hari ini mau ke luar (horeee akhirnya menghirup udara jalan raya, inhaaaale dalem-dalem) rumah, err ngga jauh sih cuman mau ke rumah maklung-nya Fikriy yang besok insya allah akan berangkat umroh bersama suami. Sedikit aja cerita tentang biro umroh yang dipilih maklung, namanya first travel kalau ngga salah, booking setahun sebelumnya dan dilunasin bertahap, tau ngga berapa per pax nya ??
10.5jt all in sajaaah. Pingsan ngga sih, murah yaaa. Tapi insya allah ngga murahan lho kualitasnya. Udah dipakai juga sama temen maklung sebelumnya, yaa memang kalau dibandingin sama umroh yang penyelenggaranya yang branded, kalahlah yaa. Tapi menurut saya, ngga papa fasilitas standard banget soalnya nanti pasti jarang ada di kamar hotel hehe.

Naah, balik ya ke menu sesuai judul. Pizza. Kukus !
Dari beberapa pengalaman ngajak Fikriy jjs alias hang out, saya udah kepikiran mau bikin apa yang ngga terlalu ribet mempersiapkan, saat nyuapin dan yang paling penting disukai sama anak. Mau bikin menu dari nasi, kasian kayanya baru sarapan nasi. Kentang juga sama. Naah, terinspirasi dari menu Mpasi Pak Wied Harry, akhirnya saya mantap deh buatin bekal Fikriy yaitu Pizza Kukus ! Selain udah pernah dibuatin dan dilahap sempurna, persiapan dan eksekusinya juga gampil banget. Buat saya yang terbatas ilmu dan kemampuan eksekusi, bikin pizza kukus ini selalu aja nyenengin. Karena selalu bisa dikreasikan sendiri, sesuai dengan selera.

Ini yaa bahan yang diperlukan :

Pizza dough
bisa kabocha, ubi warna apa aja yang manis ya sebagai alas dough pizza. 

Topping :
- ayam cincang (kalau ini saya pakai stock dari bikin kaldu, ayamnya biasa langsung dichopper dan simpan di chiller atau freezer)
- telur utuh
- brokoli cincang
- tahu putih (atau apa aja yg no garam)

Caranya
- panaskan dandang untuk mengukus dengan api kecil
- Kupas kulit ubi, terus dipotong dengan ketebalan sesuai keinginan. Jangan terlalu tipis ya, soalnya nanti ngangkat dari dandang agak repot kalau ketipisan. Saya sih biasanya motong ikut shape ubi aja. Dikupas dengan ketebalan sedang untuk jadi sekitar 4 buah doughs.
- Lumat tahu
- Kocok lepas telur, kemudian masukkan tahu yang sudah lumat, brokoli cincang dan ayam cincang.
- Taruh topping di atas pizza dough dan kukus 20 menit kurleb.
- Angkat dari kukusan, oh iya karena. Pizza ini ekspektasi saya adalah di-served dengan keju, maka akhirnya ditaburin deh keju scehddar parut sedikit di atas topping

Gampang kaaan :)
Cobain deh, semoga babynya suka yaaa


  

J