11/5/16

NHW1 ADAB MENUNTUT ILMU

ADAB MENUNTUT ILMU
  1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
Pendidikan Anak dengan Komunikasi Efektif Sesuai Syariat Islam / Parent Child Effective
Communication

  1. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
  • Tahapan perkembangan seorang anak begitu pula proses belajar orang tua, salah satu sumber pembelajarannya berasal dari komunikasi antara keduanya. Mulai dari anak berusia bayi saat belum bisa berbicara verbal, sampai kemudian usia toddler dan seterusnya hingga dewasa, adalah fase yang berbeda dan membutuhkan keterampilan berkomunikasi yang berbeda-beda pula. Saya belajar dari pengalaman pribadi, tumbuh besar dengan didikan orang tua yang sangat saya cintai dan hormati dan dengan segala keterbatasan pengetahuan serta warisan pendidikan orang tua di masa lalu yang mereka alami, bahwa komunikasi efektif sangat penting jika tidak bisa dibilang vital bagi sebuah hubungan orang tua dan anak.
  • Kebanyakan orang tua dan mungkin saya masih termasuk salah satunya merasa dan berpikir, anak harus bisa menangkap pesan dan mematuhi apa yang disampaikan dan menurut orang tua tersebut baik bagi sang anak. Ini mungkin bisa diterapkan ketika anak masih berusia kecil, namun semakin besar gaya bahasa dan cara berkomunikasi yang tulus akan sangat dibutuhkan bagi setiap keluarga, agar pesan baik yang ingin disampaikan orang tua dapat diterima dengan hati terbuka oleh sang anak tersebut. Untuk itulah, ilmu komunikasi orang tua dan anak ini, sangat menarik minat dan perhatian saya sebagai ibu yang saat ini diamanahi dua orang balita.
  • Anak pertama saya adalah anak dengan tipe introvert, sangat dekat dengan saya, sampai usia sekarang 3.5 tahun masih dalam fase separation anxiety dan sering berujung pada tantrum jika tidak menemui umminya saat bangun tidur, kelelahan bermain, ngantuk dan sebagainya. Fikriy yang mendorong saya untuk terus belajar berkomunikasi dengannya, sehingga untuk mengetahui isi hati dan pikirannya dia bisa lebih outspoken

  1. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
    1. Mulai dari membaca resume parenting dari berbagai sumber yang tersedia dan berasal dari pakar di bidang parenting, seperti group YKBH, HeBat (home education based Akhlak dan Talent) di Depok, group Ngaji, Ceramah Ustadz dan Ustadzah di radio dan sebagainya.
    2. Setelah anak bungsu saya selesai disapih dan bisa dititipkan kepada saudara kandung saya serta diberikan izin oleh suami, saya akan mulai mencicil mengikuti kuliah atau seminar tentang ilmu komunikasi parenting.
    3. Setelah anak-anak saya lebih dewasa dan saya mendapatkan izin dari suami, saya ingin bergabung dan mengamalkan ilmu saya sebagai fasilitator atau apa saja yang memungkinkan agar ilmu tersebut bisa saya amalkan
    4. Jika Allah mengizinkan dan suami ridho, saya ingin mengambil kuliah dengan beasiswa dengan topik di atas
    5. Menuntut Ilmu Agama Islam sebagai fondasi untuk mendidik anak-anak saya tentang agama Islam
  2. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
  1. Saya masih terus belajar untuk mengendalikan emosi kepada kedua balita dalam kehidupan sehari-hari
  2. Merasa fakir ilmu sehingga akan terus haus terhadap ilmu sebagai orang tua
  3. Memaafkan kekurangan kedua orang tua dalam periode membesarkan saya dan keempat saudara kandung






No comments:

Post a Comment