5/12/17

Aliran Rasa Kenali Gaya Belajar Anak

Bismillahirrahmanirrahim,
Setelah Komunikasi Produktif, Melatih Kemandirian Anak, Proyek Keluarga maka level 4 di Kelas Bunda Sayang kali ini adalah tentang hal yang sangat mendasar, yaitu Mengenal Gaya Belajar Anak. Penting sekali belajar ini bahkan dalam agama Islam, perintah "Iqra" atau bacalah, diturunkan oleh Allah Ta'ala dalam Al Qur'an kepada Nabi Muhammad saw. Maka sebagai ummatnya, perintah ini adalah suatu kewajiban bagi setiap umat muslim untuk menuntut ilmu baik, ilmu agama maupun ilmu duniawi.

Dengan dua anak balita di rumah, maka dalam mengerjakan tugas kali ini, saya dan peserta kelas diberikan bimbingan dan arahan dalam memantau tipe gaya belajar anak, maupun gaya mengajar orang tua sebagai pengajar. Nah, pada saat awal diberikan tugas ini, yang terbayang dalam benak adalah bagaimana caranya mengajarkan anak yang bahkan duduk 2 menit dengan khidmat saja, rasanya masih jauh banget hihi. Apalagi kalau disuruh belajar dengan tenang, apakah mungkin? Ternyata alhamdulillah setelah dijelaskan oleh tim fasilitator, mengenal gaya belajar anak ini dilakukan dalam bentuk observasi dari semua kegiatan yang dikerjakan anak ketika bermain seperti biasa di rumah. Tugas orang tua adalah menemani bermain sambil merekam dengan baik kecenderungan masing-masing anak.

Fikriy sebagai anak sulung, setelah kami amati ternyata cukup besar kecenderungan ke arah gaya belajar audio dan visual. Berdasarkan table Indikator di bawah ini.





Sebagai pengajar, berkali-kali saya pribadi dibuat terkagum-kagum dengan daya tangkap, daya tiru dan daya ingat seorang anak hanya dengan memberikan satu stimulasi sederhana saja. Dan dengan begitu besarnya kapasitas seorang anak untuk belajar rasanya banyak hal yang ingin saya ajarkan kepada anak-anak sebagai bekal mereka nanti. Namun tak jarang pula kadang saat mereka tertidur dan saya memiliki waktu sedikit, sedih juga teringat akan waktu yang terbuang sia-sia ketika saya tidak mengisinya dengan sebaik mungkin. Faghfirli ya Allah...