5/4/17

Kenali Gaya Belajar Anak Tantangan 10 Hari Day 9

Bismillahirrahmanirrahim,

Hari ini kami menikmati waktu bersantai di rumah setelah kemarin anak-anak cukup lelah bertamasya di pameran buku Islam. Fikriy terutama, langsung minta tidur karena jauh berjalan menyusuri lorong stand-stand peserta pameran. Sementara dedenya, masih ada tenaga ekstra hihi.
Nah, akhirnya aktivitas apa lagi yang paling menyenangkan selain membuka bungkus plastik buku, mencium bau buku yang baru, dan melahap isi bukunya. Sebenarnya ada 3 buku yang kami baca tapi di proyek kali ini, ummi pilih 1 judul buku saja ya dengan tema tentang mengenal cara bersuci. Bersuci ini salah satu hal yang penting dan sering terlupakan, padahal salah satu fitnah kubur yang bisa memasukkan seorang muslim ke dalam neraka adalah air kencing. Kelihatannya simple ya, tapi begitulah indahnya islam, adab buang air saja yang terlihat sepele, diatur dengan begitu detail.
Buku tentang bersuci ini tipis dan penuh dengan ilustrasi berwarna, dengan teks yang secukupnya. Untuk anak berusia 4 tahun, isinya bisa menarik rasa ingin tahu, mudah-mudahan intinya bisa mengena di hati Fikriy.
Mengajarkan bersuci juga masih pe er untuk ummi, karena kadang fikriy masih belum bisa konsisten misalnya menjaga agar pakaian tidak kena percikan najis, jongkok atau berdiri ketika buang hajat dsb.
Tapi yang ummi perhatikan, pesan-pesan dari buku ini, diikuti fikriy dengan penuh semangat, ditimpali dengan pertanyaan walaupun akhirnya ummi tutup karena sudah tidak kuat lagi menahan kantuk. Hihi.