9/11/14

Kebun Binatang Ragunan - Tips Mengajak Balita

Bismillaah...

Minggu lalu, temanya Thursday Date Out with Fikriy, cita-citanya kalau bisa rutin ngajakin anak kecil ini ke tempat baru untuk belajar sesuatu. Tujuan pertama adalah pergi ke KBR alias kebun binatang ragunan. Plannya baru terinspirasi sehari sebelumnya, alhamdulillah diizinkan ayah. 


Nah persiapan pertama dimulai dengan perlengkapan logistik alias makanan dan minuman hehe. Soalnya udah kebiasaan nyiapin jadi sekalian aja deh. Bikinnya juga pake drama ketiduran dan baru bikin jam 1 pagi hehe, alhamdulillah masih kebangun. Karena mau disimpan di cooler bag andalan, jadi menunya juga disesuaikan yang kira-kira kalau dimakan dalam keadaan dingin masih bisa diterima lidah Fikriy. Nah, akhirnya bikin deh Makaroni Kukus dari IG-nya resepyummyanak XD. Sebelumnya udah pernah buat juga, jadi rada pede pasti Fikrit mau makannya hehehe. 

Persiapan di pagi hari sih ngga begitu berbeda, abis bangun tidur, masih minum jeruk baby, sarapan, terus mandi. Nah, bedanya kalau biasa cuman drop ayah sampai di halte bis, kemarin ngedrop ayah di kantor, terus lanjut ke Ragunan :)

Makin cinta sama carseat karena Fikriy ga terlalu banyak protes kalau duduk sendiri.


Sampai di Ragunan sekitar jam setengah sembilan pagi, dan masih sepiiii. Ada rombongan angkatan bersenjata alias ABRI yang lagi olahraga pagi, petugas kebersihan juga masih pada mau mulai dinas. Suasana masih adem dan sejuuk, karena banyaknya pohon rindang. Oiya, sebagai informasi tambahan, ragunan setiap senin tutup yaaa, untuk memberikan kesempatan penghuni kebun binatang beristirahat. Kalau tiket masuknya di hari kerja dewasa 4.500 dan anak-anak di bawah tiga tahun masih free:) seneeeng dey gratisan XD


Nah kalau masuk dari pintu utara, silakan jelajahi mau liat gajah, singa, harimau,atau apapun yang ada di dalamnya. 

Fikriy puas ngubek-ngubek sampai sekitar jam 1 siang, ummi juga udah lempar anduk putih kalau disuruh lebih lama hehe. Rasanya udah banyak yang diliat Fikriy, mudah-mudahan seneng dan ntar agak gedean pengen deh ngajakin lagi ke Ragunan:)


Ini sedikit tips untuk mommies yang mungkin mau ke KBR dalam waktu dekat yaaa. 

Semoga bermanfaat :)


Tips :

- datang sepagi mungkin, jam 7 sudah buka, kecuali pusat primata bukan jam 9 dan tiketnya bayar terpisah.  Tiket masuk weekdays, dewasa 4.500, parkir mobil 6.500, di bawah 3 tahun gratis. Tiket masuk Pusat Primata 6.000. 

- bawa stroller atau baby carrier. Rekomen bawa stroller biar kita ga terlalu pegel

- bawa camilan, makan anak, minum air putih atau susu uht. 

- bawa minyak sereh

- bawa payung yg bisa dilipat buat kita kalau kepanasan

- bawa toiletries kalau bab/bak, rata-rata toiletnya pakai keran jadi bisa bersihkan 

- bawa baju ganti, karena anak keringetan heboh

- bawa tas yang handy jangan yg kegedean, kecuali ada yang bisa bantuin megangin

- set target mau liat apa aja, kalau ada flash card dengan hewan yang mau dilihat bisa sekalian belajar dan asosiasi hewan tsb

- have fun and go wild mommies :)

- kenakan pakaian dan sepatu yang ternyaman

- kalau berhijab, pastikan juga mengenakan yang nyaman


 












No comments:

Post a Comment