3/2/17

Tantangan 10 Hari Kemandirian One Week One Skill Day #4

Bismillahirrahmanirrahim,

Masih semangat di materi kedua kelas Bunsay tentang Melatih Kemandirian Anak, kadang-kadang ada masa seru melihat fikriy dan mahira kayaknya sudah mulai terbiasa, namun kadang-kadang rasanya agak sedih ketika mereka tidak benar-benar atau belum bisa sepenuhnya mandiri. Mungkin ini rasanya menuntut secara sepihak ya, hihi. Umminya ingin semua tentang kemandirian bisa dilewati secara linear tapi akhirnya ketika anak-anak sudah tidur, saya merenung betapa mereka sudah menunjukkan usaha terbaiknya walaupun  hasil terkadang bercerita lain.

Di hari keempat, Fikriy boleh dikatakan cukup sukses dalam skill merapikan mainan dan buku yang sudah digunakan. Inisiatifnya kalau bangun tidur pagi, langsung melihat ke kotak mainan masak-masakan adiknya, dan menawarkan untuk mengeluarkan kesemua isi mainan yang terdiri dari aneka miniatur peralatan makan dan memasak. Tak lama saat akan mandi atau kelihatan mainan tersebut tidak disentuh adiknya, dia akan segera merapikan mainan tersebut. Hihi, lucu deh kalau melihat ekspresinya yang menirukan gaya bicara saya kepadanya, "adek, mau main masak-masakan? Iya?", tanyanya berulang kali kepada si adik.

Nah, pas kebetulan saya sempat mengabadikan dalam video momen saat fikriy merapikan kembali mainan adiknya, tanpa diminta. Alhamdulillah, mudah-mudahan kebiasaan baik ini bisa dapat terus berlanjut sampai besar nanti ya, aamiin.

Bagaimana dengan Mahira? Si gadis cilik ummi ini, masih on dan off. Kalau menunya selain nasi, kemandiriannya dalam hal makan sendiri, insyaallah teruji. Tapi kalau menu makan nasi dan kering tanpa kuah, masih pelan-pelan diajarkan supaya lebih mandiri. Di hari keempat, dengan menu Beef stew yang karbohidrat nya adalah kentang, alhamdulillah mahira mau makan sendiri sebentar, kemudian saya lanjutkan dengan menyuapinya. Besok dengan  lauk berbeda, saya coba buat bola-bola nasi aja kali ya hihi.

Ini cerita Melatih Kemandirian Anak One Week One Skill kami hari ini!

No comments:

Post a Comment