9/29/17

T10H Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini Level 8 Day 10

Bismillahirrahmanirrahim..

Ada kegiatan apa hari ini :

Hari ini kami sekeluarga mengunjungi TMII untuk menghadiri pernikahan kolega di kantor ayah yang lama. Sudah cukup lama sejak terakhir kami ke TMII yang pada waktu itu sedang long weekend serta hujan cukup deras sehingga kami terjebak macet dan tidak bisa menikmati wahana di sana seperti waktu biasa. Memori Fikriy akan lokasi ini masih cukup kuat, seperti dia ingat waktu naik monorail, mengunjungi museum transportasinya dan sebagainya. Sejak malamnya, ummi sudah mulai sounding anak-anak agar siap mengikuti tamasya singkat (walaupun tidak ada agenda khusus ke anjungan di TMII karena ayah masih harus bekerja freelance di rumah).

Dalam perjalanan, Fikriy tiba-tiba mengingatkan ummi tentang tayangan komersial sebuah merek biskuit coklat yang sedang tayang di televisi, apalagi saat jeda komersial di program kartun anak-anak, iklan tersebut lumayan sering tampil. Tanpa sengaja, ummi pernah berujar menginginkan biskuit coklat tersebut. Dan Fikriy menangkap pesan tersebut pada hari ini. Sambil berbisik ketika kendaraan sudah mulai bergerak, Fikriy mengingatkan apakah ummi mau biskuit coklat, dan kalau mau jangan lupa titip sama ayah untuk berhenti sebentar di minimarket.

Kami tidak membudgetkan khusus untuk jajan ke minimarket ketika ayah tidak ada di rumah, karena ummi berusaha untuk pelan-pelan mengurangi frekuensi berbelanja di minimarket (sebisa mungkin berbelanja di pasar tradisional atau warung non franchise) kecuali ketika bersama ayah dan dalam keadaan bepergian seperti hari ini. Akhirnya sepulang dari pernikahan teman kantor ayah, kami pun berhenti di minimarket terdekat dan Fikriy ikut turun bersama ayah dan Dede dari kendaraan untuk membeli biskuit coklat yang dimaksud.

Ternyata biskuit yang dimaksud belum tersedia, mungkin juga karena produk baru, dan akhirnya diganti dengan biskuit rasa vanilla. Ketika selesai berbelanja, Fikriy bilang kalau ayah juga membelikan es krim untuknya dan dede. Jajannya makin banyak deh hihi. Tapi ummi pikir-pikir biarlah diberikan reward es krim sebagai hasil kerja kerasnya menabung selama 10 hari ini. Oiya, di mobil kebetulan ada beberapa uang kecil untuk parkir, dan sambil meminta izin Fikriy bilang kalau uangnya akan ditabung sepulangnya di rumah.

Alhamdulillah, walaupun masih harus terus melewati fase latih - percayai - jalani - supervisi - latih lagi, Fikriy memiliki kesadaran yang cukup baik untuk menabung. Tugas ummi dan Fikriy selanjutnya adalah menjadikan kebiasaan baik ini untuk menambah rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah ta'ala..

No comments:

Post a Comment